fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Menyiram Tanaman

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Sebagai salah satu langkah dalam rangkaian cara merawat tanaman, kegiatan menyiram tanaman ini tidak sekadar menyiramkan air saja, tapi ada aturan tersendiri agar tanaman tetap segar dan terawat. Yuk, simak lima cara menyiram tanaman berikut ini supaya taman tidak kering kerontang!

Menyiram Tanaman Pada Waktu Yang Tepat

Agar dapat menjalankan fotosintesis, tanaman membutuhkan air dan sinar matahari. Waktu yang paling tepat untuk menyiram tanaman adalah pagi dan sore hari. Hindari menyiram tanaman pada saat siang hari karena sinar matahari begitu kuat. Hal ini menyebabkan air lebih cepat menguap sebelum akar tanaman sempat menyerapnya. Alhasil tanaman akan kekurangan air untuk fotosintesis.

Teratur Menyiram Dengan Jumlah Air Yang Memadai

Menurut para pakar, menyiram tanaman secara teratur dengan jumlah air yang cukup akan lebih efektif dibandingkan menyiram tanaman dengan sedikit air dengan frekuensi yang lebih sering. Bayangkan jika jumlah air yang sedikit menguap akibat udara panas, maka air yang diserap oleh tanaman juga akan berkurang. Namun, perlu kamu perhatikan untuk tidak berlebihan memberikan air karena ada tanaman tertentu seperti anggrek yang bagian akarnya mudah membusuk.

Menyiram Semua Bagian Tanaman

Bagian tanaman yang menyerap air adalah akar. Meski begitu, pada saat menyiram tanaman di musim kemarau, sebaiknya jangan hanya menyiram bagian akar saja. Siram daun dan batang tanaman juga agar tetap lembap sehingga tidak mudah kering kerontang di tengah teriknya sinar matahari.

Hemat Air Saat Menyiram Tanaman

Pada saat musim kemarau, sejumlah daerah akan mengalami kekeringan. Menjalankan inisiatif hemat air sebenarnya mudah karena kamu dapat memanfaatkan “air sisa” untuk menyiram tanaman. Misalkan, kamu bisa mengalirkan air hujan dari atap melalui pipa ke dalam tong kayu besar untuk disimpan.

Menyiram Tanaman Menggunakan Alat Bantu

Selain air, kamu juga membutuhkan beberapa alat bantu untuk memudahkan kegiatan menyiram tanaman. Dengan demikian kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Beberapa alat bantu yang bisa kamu gunakan adalah gayung, selang, penyiram tanaman, dan penyiram otomatis. Gayung cocok digunakan apabila jumlah tanaman yang dimiliki sedikit dan berada di dalam ruangan. Selang air lebih cocok digunakan untuk menyiram tanaman dalam jumlah banyak sekaligus di area yang luas. Sementara itu, penyiram tanaman tersedia dalam berbagai ukuran dan membuatmu lebih mudah mengontrol jumlah air yang disiramkan ke tanaman.

Alat Penyiraman Otomatis

Terakhir ada alat penyiram otomatis untuk kamu yang tidak sempat menyiram tanaman secara rutin. Bentuknya seperti semprotan yang bisa berputar ke segala arah dan biasanya diletakkan di area rumput taman dan menyebar di beberapa titik. Cukup nyalakan air dan penyiram otomatis ini akan menyirami semua tanaman yang ada di tamanmu. Apabila kamu tertarik untuk menyiram tanaman dengan penyiram otomatis, pastikan dulu kalau semua tanaman yang kamu miliki membutuhkan jumlah air yang hampir sama. Dengan demikian, tidak ada tanaman yang kekurangan ataupun kelebihan air.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler