fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Tips Memanggang Kue Agar Tidak Gosong

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Biar sajian kue keringmu sesuai ekspektasi, ada beberapa tips memanggang kue yang perlu diperhatikan. Hal ini sangat penting mengingat kue yang dibuat harus dihidangkan sempurna saat hari istimewa. Berikut lima tips memanggang kue agar matang sempurna dan anti gosong.

Memanaskan Oven Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum memanggang kue adalah memanaskan oven terlebih dahulu. Pastikan panas yang keluar pada oven merata sebelum digunakan. Ketika kue keringmu dimasukkan, suhu oven harus tepat sehingga memanaskan oven beberapa menit sangat diperlukan. Instruksi pertama ini harus diperhatikan agar kue bisa mengembang dan matang dengan sempurna. Apalagi untuk pembuat kue yang masih dalam tahap pemula, jangan sampai lupa, ya.

Warna Loyang Mempengaruhi Penyerapan Panas

Ternyata, warna loyang mempengaruhi hasil kue keringmu saat dipanggang. Warna loyang yang gelap lebih menyerap panas daripada yang terang, sehingga perlu diperhatikan agar kue tidak cepat gosong. Waktu memasak tidak bisa disamakan dengan loyang yang berwarna terang.  Hal ini terjadi akibat perbedaan materi pada kedua jenis loyang tersebut. Jika memakai loyang berwarna gelap atau hitam, turunkan suhu sekitar 25 derajat atau lapisi dengan kertas roti. Untuk loyang yang terang, waktu memanggang bisa disesuaikan dengan ketentuan waktu pemanggangan yang tertera di resep.

Jangan Mengolesi Mentega Pada Loyang Terlalu Banyak

Kesalahan lain saat memanggang kue yang sering dilakukan adalah mengoles mentega pada loyang terlalu banyak. Alih-alih berpikir ini akan membuat kue mudah saat diangkat, justru hal ini membuat mentega mudah cair. Mentega yang mencair menyebar di permukaan loyang sehingga kue yang dicetak bisa menyatu dengan kue yang lainnya. Alternatif lain yang lebih baik daripada mengoles mentega bisa menggunakan kertas roti.

Tak Perlu Memutar Loyang Pada Oven

Banyak orang yang mengira bahwa saat memanggang, loyang kue perlu diputar agar matang sempurna. Sebenarnya cara ini tidak dibenarkan. Ketika memutar loyang, pintu oven terbuka sehingga suhu di dalamnya akan turun dan tidak stabil. Waktu pemanggangan yang hanya beberapa menit saja akan terganggu karena panas yang tersebar berkurang. Membuka oven di tengah-tengah waktu memanggang menyebabkan perubahan panas yang akan mempengaruhi hasil kuemu.

Hindari membuka oven terlalu sering

Untuk menjaga kestabilan suhu, hindari membuka oven terlalu sering. Hal ini akan membuat hasil kuemu tidak mengembang sempurna karena panas yang tidak merata. Jika kamu belum terlalu paham tingkat kematangan kue, gunakan kaca oven untuk melihat kuemu matang atau gosong. Bersihkan kaca oven setiap kali loyang dimasukkan untuk membantumu melihat kematangan kue. Yang terpenting, biarkan suhu oven tetap seimbang dengan tidak membukanya terlalu sering.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler