fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Daun sirih mengandung minyak atsiri dan komponen kimiawi seperti minyak sirih dan chavicol, betelphenol, eugenol, terpene, campene. Komponen kimia tersebutlah yang dapat dimanfaatkan sebagai obat, perawatan, dan menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut ragam manfaat daun sirih yang dirangkum dari cnn.com.

Bersifat Anti-Kanker

Daun sirih mengandung sejumlah phytochemical (bahan kimia tanaman yang meningkatkan kesehatan) yang memiliki manfaat melawan kanker. Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang menetralkan radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus penyebarannya ke berbagai organ tubuh. Contohnya, mengunyah daun sirih diketahui dapat mencegah kanker mulut karena membantu menjaga kadar asam askorbat dalam air liur. Cara lain yang bisa dilakukan yakni meminum rebusan air daun sirih. Cukup dengan merebus 10 hingga 12 lembar daun sirih selama beberapa menit, saring, kemudian bisa tambahkan madu.

Mengobati Diabetes
Daun sirih dapat mengurangi kadar glukosa keseluruhan dalam darah yang sangat bagus untuk penderita diabetes tipe 2. Mengonsumsi daun sirih dapat membantu mencegah penumpukan radikal bebas dan menjaga kekebalan tubuh penderita diabetes. Selain itu, melansir dari Stylecraze, daun sirih juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka  yang biasanya menjadi masalah bagi penderita diabetes tipe 1. Daun sirih mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Caranya, cukup oleskan ekstrak daun sirih di atas permukaan kulit yang terluka. Daun sirih kemudian akan merangsang produksi kolagen untuk meregenerasi jaringan kulit.

3. Sebagai Antiseptic
Daun sirih adalah antiseptik alami yang luar biasa. Kandungan daun sirih yang kaya akan polifenol, terutama chavicol menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Daun sirih dapat diaplikasikan pada luka untuk membunuh kuman. Kandungan polifenol pada daun sirih juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan seperti radang sendi dan orkitis. Selain itu, minyak atsiri yang terkandung dalam daun sirih memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

4. Meredakan Asma

Asma merupakan salah satu penyakit yang ditimbulkan akibat peradangan. Daun sirih memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi sehingga dapat mengobati dan mencegah asma kambuh. Penelitian telah menemukan bahwa aktivitas antihistamin daun sirih dapat menurunkan kasus asma bronkial. Selain itu, minyak sirih dan polifenol yang ada dalam daun sirih memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan asma.

5. Meredakan Sakit Punggung Dan Otot Tegang

Salah satu manfaat daun sirih lainnya adalah obat yang baik untuk orang yang menderita sakit punggung bagian bawah atau sakit pinggang. Untuk meredakan nyeri pinggang, kita dapat memijat pinggang atau punggung bagian bawah dengan minyak daun sirih atau jus daun sirih yang dicampur dengan minyak kelapa murni. Hal ini juga dapat meredakan nyeri otot, kemerahan, dan pembengkakan.

6. Obat Mimisan
Daun sirih adalah obat yang baik untuk mengatasi hidung berdarah atau mimisan. Daun sirih dapat membantu menghentikan aliran darah dengan cara memasukkan gulungan daun sirih segar ke dalam hidung yang sedang mimisan dan tunggu selama 30 menit untuk menghentikan aliran darah.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler