fbpx
Connect with us

Politik

Ada yang Belum Lengkap, KPU Gunungkidul Minta Bakal Pasangan Calon Bupati Wakil Bupati Lengkapi Berkas

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul meminta para bakal calon untuk memperbaiki dan melengkapi berkas syarat pencalonan. Pasalnya masih ada beberapa persyaratan yang dirasa kurang lengkap.  Untuk tahapan perbaikan tersebut paling akhir diserahkan Kamis (16/09/2020) mendatang.

Anggota KPU Gunungkidul, Andang Nugroho mengungkapkan, hasil verifikasi administrasi keabsahan berkas syarat calon milik masing-masing bapaslon sudah diserahkan ke tim pemenangan pada Minggu (13/9/2020) lalu. Hasilnya belum secara keseluruhan berkas yang diserahkan ke KPU tersebut dinyatakan lengkap, sehingga perlu adanya perbaikan yang dilakukan oleh masing-masing bakal calon.

“Ada berkas yang belum lengkap. Beberapa waktu lalu sudah diserahkan ke masing-masing untuk dilakukan perbaikan syarat itu,” kata Andang Nugroho, Selasa (15/09/2020).

Adapun berkas persyaratan yang belum lengkap seperti legalisir ijazah. Dimana ditemukan legalisir tersebut tidak dibubuhkan stempel resmi pengeluarannya. Selain itu, ada juga bakal calon yang kekurangan kelengkapan Surat Keterangan Catatan Kepolisian sesuai dengan ketentuan.

Berita Lainnya  Spanduk Ilegal Dukungan Kepada Sunaryanta Kembali Dipasang, NasDem Lapor Polda DIY

Lebih lanjut ia mengungkapkan, jika bakal calon merupakan warga Gunungkidul, maka SKCK cukup dikeluarkan dari Polres. Namun apabila bakal calon, merupakan warga di luar Gunungkidul, tapi masih dalam lingkup satu provinsi, maka SKCK harus dikeluarkan dari Polda. Kemudian untuk bakal calon yang berasal dari luar provinsi, maka SKCK harus diterbitkan dari Mabes Polri. Dari pencermatan yang dilakukan oleh petugas,SKCK yang diberikan rata-rata hanya dari Polres saja.

“Ada juga yang belum melengkapi terkait dengan surat bebas tunggakan pajak atau berkaitan dengan berkas syarat tanda terima telah melaporkan harta kekayaan ke KPK,” tambahnya.

Saat ini dari KPU masih menunggu penyerahan berkas perbaikan yang dilakukan oleh masing-masing bakal calon. Di hari pertama lalu mereka masih sebatas melakukan konsultasi dengan KPU Gunungkidul.

Berita Lainnya  Untuk Kesekian Kalinya, Ternak Sapi Milik Warga Grogol Lagi-lagi Ditemukan Mati Mendadak

Disinggung mengenai hasil tes kesehatan bapaslon, ia memastikan seluruhnya memenuhi syarat. Di dalam tes ini ada tiga unsur, yakni kesehatan jasmani, rohani dan bebas dari penggunaan narkoba. Hasilnya juga telah diserahkan ke masing-masing bapaslon.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler