fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Temu Putih Bagi Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Temu putih atau yang memiliki nama ilmiah Curcuma zedoaria ini biasa disebut juga temu kuning. Dikarenakan memiliki kesamaan nama dengan kunyit putih, sehingga banyak orang yang kurang familiar dengan kata temu putih. Wajar saja, karena temu putih masih serumpun dengan jahe-jahean seperti kencur dan kunyit. Curcuma zedoaria yang selama ini dikenal sebagai rempah-rempah tambahan bumbu masakan, sebenarnya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut manfaat temu putih untuk kecantikan dan kesehatan.

Sebagai Antioksidan

Selama ini kita mengenal banyak produk berbahan teh hijau sebagai makanan atau minuman, maupun sebagai bahan dasar utama skincare, karena antioksidannya yang tinggi. Namun ternyata dalam penelitian Mau dan kawan-kawan, 2003 dikutip oleh Farmasi UGM, menunjukkan bahwa temu putih memiliki senyawa yang beraksi sebagai antioksidan.

Menurunkan Berat Badan

Antioksidan yang dikonsumsi secara teratur dan jumlah yang seimbang pun bisa membantu menurunkan berat badan. Temu putih juga bisa dijadikan alternatif lain untuk membantu meluruhkan lemak jikalau ingin mencoba cara yang alami.

Mengatasi Cemas dan Stres

Psikosomatis merupakan suatu keadaan sakit fisik yang diakibatkan oleh stres dan kecemasan. Sakit yang dialami setiap orang akan berbeda, bisa pada kulit tidak sehat, badan mudah lelah, dan sebagainya. Nah, si temu putih ini dipercaya mampu mengatasi stres dan cemas. Hal ini diperkuat berdasarkan studi yang menunjukkan bahwa ekstrak petroleum eter dan kloroform yang terkandung di dalamnya mampu menenangkan diri untuk mengatasi stres. Sehingga kulit dan fisik pun terjaga kondisinya untuk selalu tampil cantik.

Kandungan Minyak Atsiri

Temu putih juga memiliki kandungan minyak atsiri atau essential oil yang selama ini dipercaya bermanfaat untuk membuat kulit sehat. Minyak atsiri pun juga mampu mengatasi gangguan pencernaan. Anda cukup mengunyah secara langsung temu putih ini yang telah dikupas dan dicuci bersih.

Anti Kanker

Meskipun keefektifannya dalam mengatasi kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut, kandungan zat RIP (Ribosom Inacting Protein) dalam kunyit putih diduga mampu mencegah, merontokkan, memblokir, dan menonaktifkan sel kanker dalam tubuh, tanpa merusak sel di sekitarnya.

Mengurangi Bengkak dan Rasa Linu

Sederhana saja, dengan bahan dapur temu putih ini anda bisa mengatasi sakit bengkak maupun rasa linu. Cukup membalurkan parutan temu putih yang dicampur dengan minyak kelapa pada anggota tubuh yang bengkak atau anda rasa linu akibat kondisi tertentu.

Mengatasi Demam

Tidak hanya di Indonesia, ternyata di Brasil juga menggunakan temu putih sebagai obat penurun panas. Aktivitas ini dikarenakan adanya senyawa curcumenol yang dapat membantu mengatur suhu dalam tubuh. Sangat baik bagi penderita demam.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler