fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Manfaat Mengkonsumsi Ikan Patin

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Ikan patin memiliki nama Inggris catfish. Berarti, bisa ditebak kalau ikan patin masih satu keluarga dengan ikan lele yang memiliki nama Inggris yang sama. Dari bentuknya kedua ikan ini memang tidak 100% mirip. Kemiripannya yang paling jelas terlihat ada di bagian wajah, di mana keduanya memiliki kumis yang cukup panjang. Ikan patin merupakan salah satu ikan yang sering dijadikan bahan baku utama makanan oleh orang Indonesia. Terbukti dengan banyaknya kudapan dari ikan patin seperti sop, gulai, abon, kerupuk, pepes, dan makanan lainya. Selain enak, ikan patin memang memiliki banyak manfaat. Berikut adalah lima fakta dan manfaat ikan patin.

1.Mengurangi Kolesterol

Manfaat ikan patin yang pertama adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Setiap manusia pasti memiliki kolesterol, tapi perbedaannya ada dalam kadarnya, wajar atau berlebihan. Jika kolesterol telah menumpuk, pembuluh darah Anda bisa tersumbat. Hal ini akan memicu berbagai penyakit seperti darah tinggi hingga jantung. Nah, ikan patin dapat membantu Anda untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Jika Anda memiliki kolesterol berlebih, konsumsi lah ikan patin sering-sering. Ikan patin mengandung lemak tak jenuh, sehingga dapat membantu mengurangi kolesterol atau lemak jahat di dalam tubuh Anda.

  1. Mencegah Penyakit Jantung
Berita Lainnya  Enam Aktivitas yang Mampu Meredakan Depresi

Seperti yang sudah dibahas di atas, kalau kolesterol dapat memicu penyakit jantung. Anda pasti tahu kalau penyakit ini merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia, bukan? Dengan mengonsumsi ikan patin, Anda sedikit demi sedikit bisa menghindari kambuhnya atau terjadinya penyakit jantung. Semua ini berkat tak lemak jenuh yang dikandung ikan patin, karena lemak tak jenuh tidak akan menghambat pembuluh darah.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat ikan patin yang ke tiga adalah mempercepat proses penyembuhan luka. Rata-rata luka kecil seperti tergores atau lecet akan sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari. Tapi, jika lukanya serius, tentu membutuhkan proses yang lebih lagi. Apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit hemofilia, diabetes, dan lain-lain yang menjadikan tubuh Anda sulit menyembuhkan diri. Ikan patin mengandung banyak Omega 3 yang sangat berguna untuk membantu proses penyembuhan luka. Untuk itu, jika Anda terluka karena jatuh, tergores, sehabis operasi, atau luka apa pun juga, konsumsilah ikan patin sesering mungkin.

  1. Menguatkan Tulang dan Gigi

Bukan cuma daging ikan patin saja yang bermanfaat. Ternyata, tulang alias duri ikan patin memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Kedua kandungan ini sangat berperan penting untuk kebutuhan fosfor dan kalsium tubuh kita. Dengan rutin mengonsumsi ikan patin, beserta durinya, maka gigi dan tulang Anda bisa jadi lebih kuat. Dan, tentunya Anda juga akan terhindar dari masalah osteoporosis. Untuk dapat menikmati ikan patin beserta durinya, berarti Anda harus memasaknya dengan cara presto atau pepes hingga durinya lembek.

  1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Berita Lainnya  Enam Film Robot yang Menarik Ditonton Bersama Keluarga

Bagi Anda yang belum familiar dengan istilah sistem kardiovaskular, istilah mudahnya adalah sistem peredaran darah. Sistem ini berfungsi mengirimkan zat dan sel ke seluruh tubuh, dan semuanya berjalan melalui darah. Contonya, darah mengangkut oksigen dari paru-paru untuk disalurkan ke otak. Nah, daging ikan patin dapat mencegah penyakit yang menjangkit sistem kardiovaskular ini. Ikan patin mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah. Kenapa bisa seperti itu? Karena kandungan lemak tak jenuh pada ikan patin mencapai 50% dari total gizi yang ada pada ikan tersebut. Banyak sekali, ya?

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler