fbpx
Connect with us

Info Ringan

Resep Pudding Lumut

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Selain rasa vanila dan cokelat, kamu bisa mencicipi puding lain, seperti puding lumut misalnya. Warna hijaunya yang gak merata sekilas tampak seperti lumut. Adonan tersebut terbuat dari campuran telur, santan, dan jus pandan. Rasanya gak kalah enak, berikut resep membuat puding lumut yang enak.

Bahan:

1 bungkus agar-agar putih

100 gram gula pasir

125 ml santan kental

100 ml jus pandan

600 ml air putih

1 butir telur, kocok lepas

garam secukupnya

Bahan puding susu:

1 bungkus agar-agar putih

800 ml susu cair

100 gram gula pasir

1 sdt garam

Cara membuat:

Membuat Agar-Agar Lumut

Siapkan panci di atas kompor, lalu masukkan agar-agar bubuk, gula pasir, dan santan. Rebus seluruh bahan tersebut sambil diaduk hingga larut merata. Tambahkan jus pandan dan air putih secukupnya. Aduk kembali sampai tercampur rata.

Selanjutnya, kocok telur di dalam mangkuk. Ambil satu sendok adonan santan dan tuang ke dalam kocokan telur. Aduk telur sampai menyatu dengan santannya, lalu baru dituangkan ke panci rebusan.

Tuang Adonan Lumut ke dalam Cetakan

Masak adonan lumut dengan api sedang saja. Pastikan tetap diaduk supaya adonannya gak gosong di bagian bawahnya. Setelah mendidih, segera matikan kompor dan biarkan sampai lumutnya terbentuk dengan sendirinya.

Membuat Pudding Susu

Sembari menunggu bagian lumutnya mengeras, buatlah puding susunya. Tuang bubuk agar-agar, susu cair, gula pasir, dan sedikit garam ke dalam panci. Nyalakan kompor dan biarkan hingga terebus sampai mendidih. Selanjutnya, aduk terus adonan puding sampai tercampur mereta. Masak dengan api sedang saja sambil tetap diaduk hingga mendidih.

Tuang Adonan Pada Wadah

Tuang adonan puding susu di atas lapisan puding lumut sampai penuh. Jika sudah, segera masukkan ke dalam kulkas dan biarkan mengeras. Namun, kamu bisa juga membiarkannya mengeras dengan sendirinya di suhu ruangan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler