fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Tips Usaha Ikan Hias Modal Kecil

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Ikan hias memiliki berbagai jenis sehingga masyarakat dapat memilih berdasarkan kegemaran dan kebutuhan masing-masing. Sebagai contoh, jika Anda ingin memasang target untuk masyarakat menengah ke bawah, maka Anda bisa menjual jenis ikan hias seperti cupang ataupun koi. sementara itu, jika Anda terfokus pada kalangan ke atas, maka Anda bisa menjual jenis ikan seperti louhan, arwana, dan lain-lain. Perairan Indonesia memiliki kurang lebih sekitar 700 jenis ikan hias. Sebagian ada yang sedang dalam masa perlindungan karena jumlahnya yang sudah menipis, tetapi ada sebagian pula yang boleh dikembangbiakan. Nah, dengan pangsa pasar yang beragam, jelas pelanggan pun juga akan hadir dari berbagai kalangan, sehingga bisnis ikan hias itu sendiri bisa menjadi salah satu prospek bisnis yang cukup menjanjikan dan tentunya menguntungkan.

Menentukan Jenis Ikan Hias dan Pangsa Pasar

Tips sukses usaha ikan hias modal kecil yang pertama adalah dengan menentukan jenis ikan hias apa yang akan dijual sekaligus konsumen dari kalangan manakah yang menjadi target. Konsumen itu sendiri bisa dari anak-anak hingga dewasa. Namun, sepenuhnya tentu akan dipengaruhi oleh jenis ikan hias yang Anda jual.  Jika Anda masih pemula dengan modal yang terbatas, maka disarankan untuk menjual ikan hias dari harga yang paling murah terlebih dahulu, guna menghemat pengeluaran awal.

Peralatan Usaha yang Dibutuhkan

Jika Anda memilih untuk memulai bisnis ikan hias, maka Anda juga perlu siap dengan berbagai peralatan yang dibutuhkan. Karena, dari sanalah kunci keberhasilan bisnis Anda. Beberapa peralatan bisnis ikan hias yang dibutuhkan adalah seperti akuarium, kolam pemeliharaan, jaring, pompa air, selang dan wadah, penyaring kotoran, tabung oksigen, terpal, hingga timba sebagai aksesoris yang dapat mempercantik akuarium. Nah, jika modal Anda masih terbatas, maka Anda tidak perlu membeli seluruh peralatan sekaligus. Belilah peralatan yang paling penting terlebih dahulu. Untuk selebihnya, Anda bisa mencicil sembari berjalannya bisnis.

Menentukan Lokasi Usaha

Tips sukses usaha ikan hias modal kecil selanjutnya adalah dengan menentukan lokasi usaha. Pilihlah lokasi yang strategis dan dapat dilihat oleh banyak orang. Selain itu, jangan lupa juga untuk membuat lokasi usaha semenarik mungkin agar orang tertarik untuk berkunjung. Dan untuk meminimalisir budget, Anda bisa mulai dari menggunakan lahan depan rumah atau menyewa ruko dan kios dengan harga sewa yang murah. Tetapi, tentunya terletak di lokasi yang strategis, karena dari sanalah kunci keberhasilan bisnis yang tengah Anda jalankan.

Mempelajari Berbagai Hal Mengenai Ikan Hias

Setiap bidang bisnis pastinya memiliki teknik dan strateginya masing-masing. Tak terkecuali bisnis ikan hias. Selain Anda harus mengetahui tentang peralatan apa saja yang dibutuhkan di dalam bisnis ikan hias, Anda juga perlu mempelajari berbagai hal mengenai budidaya ikan hias itu sendiri, seperti cara membeli bibit, perkembangbiakan, hingga memberi pangan. Dengan begitu, walaupun masih pemula Anda juga bisa meminimalisir kegagalan dan mengembangkan bisnis dengan lebih sukses, karena pengetahuan yang Anda miliki sudah cukup banyak.

Promosi

Perlu diketahui bahwa melakukan promosi tidak selalu membutuhkan budget yang besar lho. Dengan kekuatan dari media sosial yang ada saat ini, hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mengiklankan bisnis yang Anda buat tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Anda bisa mulai membuat akun Instagram untuk bisnis dan mengikuti berbagai akun komunitas pecinta ikan hias yang juga memiliki akun Instagram. Setelah itu, Anda bisa mulai mengirimkan pesan secara langsung untuk beriklan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler