fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Jenis Investasi Untuk Mengembangkan Dana

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Berinvestasi kini tidaklah sulit, apalagi ada banyak jenis investasi yang bisa dimulai dari dana ratusan ribu rupiah. Proses memiliki berbagai jenis investasi pun sekarang semakin mudah karena adanya teknologi yang memungkinkan Anda berinvestasi hanya lewat smartphone di genggaman tangan. Anda mungkin bingung ingin memilih jenis investasi apa ketika di tahap awal. Jangan khawatir,  berikut beberapa rekomendasi jenis investasi yang populer di Indonesia dengan imbal hasil yang menarik dan cocok untuk Anda mengembangkan dana demi tujuan masa depan. Penasaran apa saja? Simak di bawah ini, ya!

Deposito

Jenis investasi ini terbilang paling aman karena uang yang Anda taruh dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan sampai nominal tertentu. Deposito merupakan produk perbankan yang menawarkan bunga jauh lebih tinggi daripada tabungan biasa. Bunga deposito pun umumnya lebih besar daripada inflasi tahunan. Jika tertarik dengan jenis investasi ini, Anda hanya perlu mengunjungi bank terpercaya dan buka rekening deposito.

Properti

Mau punya investasi yang harganya bisa melonjak tajam dari tahun ke tahun? Jika demikian, jenis investasi properti adalah pilihan yang tepat! Anda perlu gigih mencari properti yang pas. Tidak tanggung-tanggung, kenaikan harga properti bisa mencapai 20 persen tiap tahunnya. Semakin cepat Anda membeli properti, semakin cepat pula Anda akan menikmati hasilnya.

Emas

Selain investasi properti, ada juga jenis investasi emas yang paling tidak lekang oleh zaman. Mulai dari zaman nenek buyut sampai saat ini, masih banyak yang tertarik mengoleksi emas untuk menjadi investasi. Logam mulia yang satu ini memiliki nilai yang stabil dan cenderung berkembang melebihi tingkat inflasi. Namun, kendalanya Anda perlu menyediakan lebih banyak uang untuk membeli emas, mengingat saat ini harganya sudah cukup tinggi per gramnya.

Tabungan Berjangka

Produk perbankan lainnya yang cocok menjadi investasi adalah tabungan berjangka. Ini merupakan model tabungan yang membuat Anda bisa menabung secara konsisten dalam jangka waktu tahunan. Bunga dari tabungan berjangka jelas lebih tinggi daripada tabungan biasa. Namun, jika dibandingkan bunga deposito, persentase bunga jenis investasi ini lebih kecil.

Reksa Dana

Anda bingung memilih jenis investasi karena takut salah dalam mengelolanya? Jika Anda awam di dunia investasi dan penuh ketakutan dalam pengelolaannya, reksa dana adalah pilihan yang paling cocok. Hal ini karena ketika menanamkan dana ke jenis investasi ini, Anda nggak perlu pusing bagaimana cara mengelolanya. Sudah ada manajer investasi yang mengurus seluruh hal yang berkaitan dengan investasi Anda di reksa dana. Anda hanya perlu memantau dan menikmati hasilnya di waktu yang tepat.

Saham

Jenis investasi ini cocok buat Anda yang mau “untung” besar, tapi berani menghadapi risiko kerugian yang besar pula. Saham merupakan jenis investasi di mana Anda membeli surat berharga dari suatu perusahaan sebagai bukti kepemilikan. Nantinya, saham bisa Anda jual kembali untuk mendapatkan keuntungan dari nilainya yang meningkat. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh keuntungan dari jenis investasi ini lewat dividen yang merupakan bagian dari laba yang dibagikan perusahaan.

Peer to Peer Lending

Jenis invetasi ini sedang populer belakangan. Peer to peer lending merupakan jenis investasi di mana Anda bisa berperan sebagai pemberi pinjaman untuk orang-orang yang membutuhkan. Nantinya, keuntungan bisa Anda peroleh dari bunga pinjaman yang Anda berikan. Sudah banyak platform peer to peer lending yang bisa menjadi sarana investasi Anda dan bisa diakses lewat ponsel, tapi pastikan Anda memilih yang sudah berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta memiliki asuransi perlindungan pinjaman supaya dana Anda lebih aman.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler