fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Penyebab Kulit Menjadi Kering

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Umumnya kulit yang mengering disebabkan oleh cuaca dingin atau kosmetik dan sabun yang Anda gunakan. Kelenjar sebaceous di dalam kulit yang lamban memproduksi minyak alami juga bisa menyebabkan kulit kering. Selain itu riasan kosmetik, perubahan iklim, pemakaian obat-obatan tertentu, dermatitis kontak juga dapat menjadi penyebab lainnya.

Cuaca Dingin Dan Kelembapan Udara Rendah

Situasi ini biasanya bukan masalah besar bagi negara tropis seperti Indonesia. Indonesia juga salah satu negara tropis dengan kelembapan udara tergolong tinggi. Namun, seiring meningkatnya penggunaan pendingin udara, risiko kulit kering semakin meningkat. Suhu AC terlalu dingin dapat menyebabkan lingkungan kurang lembap dan membuat kulit kering bila terlalu sering berada dalam ruangan.

Mandi Dengan Air Terlalu Panas

Kebiasaan mandi menggunakan air yang telalu panas dapat menyebabkan kelembapan alami kulit mudah hilang dan membuat kulit mudah kering. Pastikan temperatur air mandi Anda tidak terlalu panas agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Berita Lainnya  Menganal Tujuh Tanda Anemia

Mandi Terlalu Lama

Kebiasaan ini dapat membuat semakin banyak air yang menguap dari tubuh. Kulit memang melakukan kontak langsung dengan air ketika mandi. Namun setelah mandi, air di permukaan tubuh justru menguap dan berisiko membuat kulit kering . Untuk menjaga kelembapan kulit, batasi waktu mandi sekitar 5-10 menit saja.

Penggunaan Sabun Atau Bahan Antiseptik Berlebihan

Kebiasaan ini bisa menyebabkan kulit menjadi kencang dan kesat. Rasa kesat setelah mandi bukan berarti kulit bersih, melainkan tAnda lapisan minyak alami kulit hilang dan kulit menjadi kering. Semakin sering terkena sabun, semakin banyak lapisan minyak pada kulit yang hilang. Hal yang sama juga terjadi ketika Anda berlebihan menggunakan bahan antiseptik.

Berita Lainnya  Enam Manfaat Daun Kemuning Bagi Kesehatan

Terlalu Sering Menggosok Tubuh (Scrubbing)

Scrubbing memang diperlukan agar kulit mati bisa hilang, namun terlalu sering menggosok tubuh justru membuat permukaan kulit menjadi rusak. Penggunaan alat bantu mandi seperti batu apung, spons kasar, atau bahan kasar lainnya memang membuat kulit terasa lebih bersih. Namun, sebaiknya hanya gunakan tangan atau lap lembut untuk membersihkan tubuh.

Gesekan Berlebihan Antara Tubuh Dan Handuk Membuat Permukaan Kulit Menjadi Kering

Setelah mandi, mayoritas orang terbiasa mengeringkan tubuh dengan cara menggosok-gosokkan handuk pada seluruh bagian tubuh. Mengeringkan tubuh dengan menepuk-nepuk handuk secara lembut dapat menjaga kelembapan kulit Anda. jangan lupa gunakan produk pelembap untuk mempertahankan kelembapan kulit Anda sepanjang hari.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler