fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tanaman Hias Buah Dengan Berbagai Manfaat

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Warna-warna buah yang cantik yang menjadi alasan kenapa tanaman hias buah bisa digunakan untuk mempercantik halaman rumah. Selain itu tanaman hias buah juga bisa Anda manfaatkan saat buahnya sudah matang dan siap panen, kandungan zat yang ada di dalamnya juga bermanfaat untuk kesehatan. Mengungtungkan sekali ya memiliki tanaman hias buah? Kira-kira tanaman hias buah apa saja yang bisa menjadi pilihan untuk menghias rumah, mari simak!

Pohon Buah Zaitun

Pohon zaitun merupakan salah satu tanaman hias buah yang bisa ditempatkan di dalam ataupun di luar ruangan. Sekilas, tanaman hias buah ini terlihat seperti tanaman kering, hal ini dikarenakan pohon zaitun memiliki daun yang kecil dan tidak tumbuh lebat. Karakter batang dan rantingnya yang ramping membuat tanaman hias buah ini bisa ditempatkan pada pot berukuran kecil. Tanaman hias ini cocok untuk dekor ruangan bernuansa tropis.

Tomat Ceri

Tanaman hias buah yang satu ini merupakan salah satu jenis tomat yang memiliki ukuran kecil seperti buah ceri. Tomat ceri tumbuh menjulur bersama dedaunan, makanya pot tanaman dipilih sebagai medium yang paling tepat untuk membudidayakan tanaman hias ini. Jika ingin digunakan sebagai hiasan, tomat ceri bisa digunakan sebagai tanaman gantung yang ditempatkan di sudut teras. Selain bisa dimasak, mengkonsumsi tomat ceri juga bisa memperkuat imunitas tubuh.

Berita Lainnya  Tujuh Fakta Unik Mengenai Hari Raya Nyepi

Berbagai Jenis Pohon Jeruk

Warna oranye buah jeruk yang mencolok jelas saja bisa membuat halaman rumah Anda tampil lebih berwarna. Tapi jenis buah jeruk seperti apa yang bisa digunakan sebagai tanaman hias buah? Berbagai jenis jeruk mulai dari jeruk nagami, jeruk kalamansi dan lemon merupakan jenis buah jeruk yang bisa dibudidayakan di dalam pot. Perawatannya juga terhitung mudah hanya diperlukan pemupukan sebulan sekali. Cara memperbanyak tanaman hias buah yang dianggap sebagai tanaman pembawa keberuntungan ini bisa dilakukan dengan cara okulasi. Soal manfaat kesehatannya, buah jeruk dikenal dengan kandungan vitamin C-nya yang besar.

Blackberry

Seperti halnya strawberry dan blueberry, blackberry juga dikenal memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Namun, satu hal yang membuatnya berbeda dari kedua ‘saudara berry‘-nya. Blackberry bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias buah yang bisa tumbuh di dalam pot kecil tanpa perlakuan khusus. Tanaman hias buah ini hanya perlu media tanam berupa humus dan cara merawat tanaman yang mumpuni, seperti penyiraman rutin, dan penyinaran matahari yang full dalam perawatannya.

Berita Lainnya  Tujuh Tips Belanja Online yang Aman

Buah Naga Mini

Ukurannya yang mungil membuat buah naga mini bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias buah. Karakter batangnya yang hijau berduri dan warna buahnya yang pink keunguan membuat tanaman hias buah ini tampil begitu unik. Walaupun ukurannya lebih kecil, tanaman hias buah ini memiliki khasiat yang sama banyaknya dengan buah naga biasa. Beberapa di antaranya adalah untuk melancarkan pencernaan dan menstabilkan kadar gula darah.

Pohon Apel Kerdil

Menanam pohon apel di dalam pot memang terdengar tidak memungkinkan. Pada kenyataannya, pohon apel kerdil menjadikan medium pot sebagai tempatnya tumbuh. Teknik penanaman cangkok (grafting) digunakan agar pohon apel bisa dibudidayakan di dalam pot. Hal ini membuat pohon apel bisa digunakan sebagai tanaman hias buah. Bentuk buahnya yang lebih kecil dan warna merahnya yang pekat bisa memberikan sentuhan atraktif di antara tanaman hijau di halaman rumah Anda.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler