fbpx
Connect with us

Info Ringan

Sembilan Buku Unik yang Berasal dari Berbagai Belahan Dunia

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Membaca masih menjadi hobi yang disukai oleh banyak orang. Berbagai manfaat positif dapat diperoleh dari membaca, antara lain menambah pengetahuan dan ilmu. Dari tahun ke tahun, selalu ada buku yang terkenal dan menarik untuk dibaca. Namun ada sebagian buku yang terkenal bukan hanya karena isinya menarik namun karena isinya yang unik. Berikut ini ada beberapa buku unik dari belahan dunia yang dilansir dari bp-guide.id.

Des Destinees de L’ame (Takdir Jiwa)

Buku “Des Destinees de L’ame” (Takdir Jiwa” adalah sebuah risalah Prancis di abad ke-19 ini sangat unik. Sampul buku ini terbuat dari kulit manusia asli! Hal ini dibeberkan oleh para ilmuwan di Harvard University, tempat di mana buku tersebut disimpan.  Sejak tahun 1930, buku ini telah menjadi bagian dari perpustakaan Houghton, Harvard University. Penulis buku ini, yaitu Arsene Houssaye memberikan buku kepada temannya Dr. Ludovic Bouland pada tahun 1880. Oleh Dr. Bouland, buku itu kemudian diikat dengan kulit milik tubuh pasien perempuan yang menderita gangguan jiwa. Perempuan itu dilaporkan meninggal secara alami.

The Real Cookbook

“The Cookbook Real” adalah buku unik yang terbuat dari 100% pasta segar. Buku ciptaan agensi desain Korefe di Jerman ini sangat fenomenal. Di dalam buku ini dituliskan resep membuat lasagna klasik yang lezat. Uniknya, bahan utama dari resep itu adalah si buku sendiri. Setiap halaman buku dapat digunakan sebagai lapisan lasagna. Buku ini bisa dipanggang dan dinikmati sebagai lasagna yang lezat. Praktis sekali, bukan?

The Crosseyed Lefthander from Tula and The Steel Flea

Keunikan buku “The Crosseyed Lefthander from Tula and The Steel Flea”” ada pada bentuknya yang sangat kecil. Buku ini bahkan 88 kali lebih kecil dari buku terkecil di dunia versi Guiness Book of Record. Buku ini sampai muat diletakkan di atas biji bunga poppy yang dibelah.
Buku ini menceritakan seorang pengrajin senjata kidal yang menciptakan sepatu kuda bagi orang-orang Inggris. Halaman buku i i terbuat dari film poliester yang sangat tipis, rapuh, dan mudah sobek. Sementara tulisan bukunya sendiri dicetak melalui media litografi.

Skin Book

Skin Book dibuat khusus untuk para seniman tato. Terbuat dari bahan kulit sintetis, mereka bisa belajar mengukir tato di atas buku. Buku ini adalah hasil kerja sama Tattoo Art Magazine dengan agensi periklanan Brasil bernama Law’ Lara TBWA. Buku ini kemudian menjadi buku yang revolusioner dalam dunia seni tato.

Dengan buku ini, seorang seniman tato bisa menjajal desain terbarunya sebelum bekerja di atas kulit manusia sebenarnya.

The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art

“The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art” (Rahasia Paling Mendalam dan Satu-satunya dalam Seni Pengobatan)) merupakan buku karya seorang dokter Belanda bernama Boerhaave yang meninggal pada 1738. Buku tersebut menjadi peninggalannya sebelum wafat. Buku ini sangat unik dan mahal karena menembus harga USD 20 ribu atau sekitar Rp 260 juta saat dilelang. Keunikannya terletak pada isiny Dari 100 halaman buku, 99 di antaranya adalah kosong. Selain pada sampul depan, buku ini mengandung kalimat pendek yang fenomenal “jaga diri untuk tetap tenang, jaga kaki agar tetap hangat, dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin.”

Codex Seraphinianus

Buku “The Codex Seraphinianus” selesai ditulis pada tahun 1978 oleh arsitek dan desainer Italia Luigi Serafini, lengkap dengan berbagai ilustrasinya. Buku yang mengisahkan dunia paralel dari alam semesta ini berisi banyak gambar, teks, dan diagram aneh yang sulit dipahami. Selama beberapa dekade, banyak kriptografer yang mencoba memecahkan misteri buku ini.

Reusing Old Graves

“Reusing Old Graves” adalah buku hasil survei dari Universitas Nottingham atas permintaan Institut Penelitian Ilmu Sosial di University of York. Buku ini memberikan wawasan tentang sikap publik terhadap aspek kematian dan pembuangan orang meninggal. Studi ini sangat menarik bagi sejarawan, sosiolog, teolog, dan ilmu lain yang berhubungan.

Book of The Dead

Berjudul asli “The Spells of Coming Forth by Day”, “Book of the Dead” berisi mantra dan kidung untuk menolong arwah orang mati agar dapat mencapai akhirat serta menjadi kuat dan abadi. Terdapat sekumpulan tenung, sandi, nomor, dan formula ajaib yang menggambarkan dasar mitologi Mesir. Buku ini juga menggambarkan cobaan yang harus dilalui orang mati sebelum akhirnya mencapai akhirat. Mantra yang ada di dalam buku akan membantu orang mati untuk mencapai kebahagiaan setelah kematian. Mantra yang tertulis juga berbeda, tergantung pada kelas sosial seseorang.

The Ripley Scroll

“The Ripley Scroll” ditulis oleh seorang ahli kimia Inggris bernama Sir George Ripley. Buku ini konon berisi ramuan keabadian dan membuat bingung para ilmuwan yang mencoba menafsirkan isinya. Buku dari abad ke-15 ini dinilai sangat misterius, dengan banyak tulisan alkemi serta ilustrasi yang tidak terpecahkan hingga saat ini.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler