fbpx
Connect with us

Info Ringan

Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Salah satu jenis daun sirih yang banyak ditemui dan banyak dimanfaatkan di Indonesia adalah sirih hijau. Tetapi ada satu jenis daun sirih lagi yang tidak kalah berkhasiat, yaitu daun sirih merah. Daun sirih memiliki beberapa jenis, dari yang mulai berdaun hijau, merah, bahkan hitam. Daun sirih merah memiliki beberapa manfaat bagi tubuh karena mengandung lavonoid, alkaloid, tannin, senyawa polifenolat, dan minyak atsiri. Daun sirih dikenal punya sifat antiseptik, anti inflamasi, dan pendingin kulit. Sehingga mujarab untuk mengatasi berbagai masalah penyakit kulit. Berikut manfaat rebusan daun sirih merah dilansir dari berbagai sumber.

Mengobati Tumor Ringan

Kandungan antioksidan, flavonoid, dan terpenoid dalam daun sirih mampu mengatasi tumor ringan yang ada dalam tubuh dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan kekebalan tubuh yang meningkat, sel darah putih akan mudah menghancurkan zat karsinogenik pemicu tumor.

Mengobati Asam Urat

Mengonsumsi rebusan daun sirih merah secara teratur dapat meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat yang ada dalam tubuh. Caranya cuci dan rebus 8 lembar daun sirih dengan 500 ml air. Tuang rebusan air jadi tiga gelas, minum satu gelas 3 kali sehari.

Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan

Dilansir dari StyleCraze, antiseptik yang ada di daun sirih mampu menjaga kesehatan Miss V secara alami. Karena daun sirih akan mampu melawan bakteri jahat seperti Candida yang menyebabkan keputihan atau leukorrhea. Caranya cuci bersih dan rebus 5-10 lembar daun sirih ke 250 ml air. Gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci area kewanitaanmu.

Mengobati Pneumonia

Pneumonia adalah salah satu masalah saluran pernapasan. Air rebusan daun sirih merah dapat dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengobati pneumonia. Dengan meminum air rebusan sirih merah sebanyak 5-7 lembar setiap hari, maka perlahan pneumonia akan sembuh.

Mengobati Diabetes

Hampir sama dengan manfaat daun sirih merah untuk mengobati tumor, kandungan yang ada dalam daun sirih merah mampu membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah. Dengan kadar gula darah yang teratur, diabetes dapat teratasi dengan air rebusan sirih merah.

Meredakan Sakit Perut

Daun sirih merah mengandung terpenoid dan lavikula yang sangat berguna untuk mengatasi sakit perut. Caranya sangat mudah, cukup rebus 7 lembar daun sirih merah dengan air secukupnya hingga mendidih. Kemudian minum rebusan daun sirih merah tersebut.

Mengobati Gatal

Sering kali kita merasa gatal karena digigit serangga atau alergi lainnya. Untuk meringankan rasa gatal pada tubuh, kamu dapat menggunakan air rebusan daun sirih merah untuk mandi. Caranya, rebus 20-30 lembar sirih merah kemudian gunakan airnya untuk mandi.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler