fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Fakta tentang Operasi Plastik di Korea

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Praktik operasi plastik merupakan hal yang umum dilakukan di Korea Selatan. Selain karena biayanya murah, akses untuk operasi plastik juga mudah dan banyak. Tercatat hingga 2017, terdapat 1.414 klinik bedah plastik yang terdaftar di Korea Selatan. Teknik-teknik yang mereka miliki juga tergolong lebih beragam dibandingkan dengan negara lain. Maka tidak heran jika banyak orang dari luar negeri datang ke Korea Selatan untuk mendapatkan operasi plastik. Berikut ini fakta-fakta seputar operasi plastik di Korea Selatan dilansir dari berbagai sumber!

Jumlah Praktik Operasi Plastik Di Korea Selatan Merupakan Yang Tertinggi Di Dunia

Operasi plastik adalah hal yang sangat umum dilakukan di Korea Selatan. Dilansir dari Daily Mail, satu dari lima perempuan berusia 19 hingga 49 di Seoul pernah melakukan operasi kecantikan tersebut. Tidak heran jika Korea Selatan adalah negara dengan tingkat praktik operasi kosmetik tertinggi di dunia. Jumlahnya dapat mencapai satu juta praktik dalam setahun. Karenanya, Korea Selatan sering disebut sebagai The World’s Plastic Surgery Capital.

Tidak Hanya Perempuan, Laki-Laki Juga Melakukan Operasi Plastik

Warga Korea Selatan terkenal sangat memerhatikan penampilan mereka, tak terkecuali bagi laki-laki. Tercatat 15 persen laki-laki di Korea Selatan pernah melakukan bedah plastik tersebut. Mereka juga melakukan operasi plastik di bagian-bagian wajah tertentu. Misalnya menegaskan bentuk rahang, memancungkan hidung, dan lain-lain. Ini dilakukan untuk mendapatkan penampilan dengan image “flower boy” yang dipopulerkan oleh aktor, penyanyi, dan boyband Korea.

Berita Lainnya  Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Dalam di Ilmu Kesehatan

 

Operasi plastik sering menjadi hadiah kelulusan dari orang tua untuk anaknya

Saat seorang anak telah berhasil melewati ujian kelulusan dan ujian masuk universitas, sebagian orangtua akan menawarkan anaknya untuk mendapatkan operasi plastik. Bahkan tidak sedikit orangtua yang malah menyuruh anaknya untuk melakukan operasi. Mereka percaya bahwa operasi plastik dapat meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, masyarakat Korea Selatan masih percaya bahwa semakin baik penampilan seseorang, semakin banyak keuntungan yang bisa mereka dapatkan.

Operasi Terpopuler Adalah Operasi Untuk Membuat Double-Eyelid

Operasi blepharoplasty atau yang dikenal dengan double-eyelid surgery adalah operasi bagian kelopak mata. Praktik ini adalah yang paling populer mengingat sebagian besar warga Korea Selatan hanya memiliki satu lipatan kelopak mata atau mono-eyelid. Dokter bedah akan memasukkan lipatan ke dalam kelopak mata sehingga mata terlihat lebih besar. Praktik yang populer selanjutnya adalah rhinoplasties atau operasi bagian hidung dan suntik putih. Pada umumnya orang Korea Selatan mendambakan kulit putih, hidung mancung, mata besar, dan dagu yang runcing, persis seperti standar kecantikan mereka.

Operasi Plastik Memiliki Efek Samping Terhadap Tubuh

Jika tidak dilakukan dengan prosedur yang benar, operasi plastik dapat menimbulkan berbagai dampak terhadap tubuh. Keluhan yang sering terjadi setelah operasi adalah pembengkakan, mual, muntah, sakit kepala, dan nyeri pada bagian tubuh tertentu.  Selain itu, operasi plastik juga bisa menimbulkan reaksi alergi, baik terhadap obat yang dimasukkan ke tubuh, atau alat-alat operasi yang digunakan. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum operasi dilakukan, pasien harus mengetahui alergi yang ia miliki. Bekas luka juga bisa timbul akibat operasi plastik. Dalam prosesnya, dokter harus membedah dan menjahit kembali bagian yang disayat. Jika prosedur tidak dilakukan dengan benar, bekas jahitan tersebut dapat meninggalkan bekas. Dampak yang paling mengkhawatirkan adalah jika hasil operasi plastik tidak sesuai dengan keinginan pasien. Misalnya, bibir menjadi terlalu tebal, hidung menjadi terlalu besar, dan lain-lain.

Berita Lainnya  Lima Tips Tampil Ala Princess Jasmine Film Aladdin

Operasi Plastik Juga Bisa Menyebabkan Hematoma

Hematoma adalah keadaan di mana terjadi pengumpulan darah tidak normal di luar pembuluh darah. Gejala ini biasanya muncul di sekitar area yang dioperasi. Area tersebut akan bengkak dan terlihat kemerahan. Orang awam menyebutnya lebam atau memar. Efek samping ini biasa muncul setelah seseorang melakukan face-lift. Dalam kasus tertentu, memar yang timbul bisa cukup besar dan menimbulkan rasa sakit. Ini bisa menghambat aliran darah. Jika hal ini terjadi, maka darah yang terkumpul harus dikeluarkan dengan jarum suntik.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler