fbpx
Connect with us

Peristiwa

Gelar Aksi di Titik 0, Bawaslu Gunungkidul Ajak Perempuan Awasi Pemilu

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Badan Pengawas Pemilu pada Senin (07/12/2020) menggelar aksi membagikan masker dan juga menyosialisasikan Gerakan Perempuan Mengawasi (GPM). Dalam kegiatan ini, perempuan menjadi prioritas Bawaslu dalam pengawasan karena dianggap dominan dalam proses Pemilihan Kepala Daerah.

Komisioner Bawaslu Gunungkidul, Rosita mengatakan, pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) jika dipisahkan dalam gender menjadi paling banyak. Melalui Gerakan Perempuan Mengawasi ini, Bawaslu meminta masyarakat menjadi agen perubahan.

“Selama ini, perempuan yang paling banyak diajak untuk politik uang, mudah dipengaruhi, mudah diintimidasi begitu,” kata Rosita di sela-sela aksi.

Untuk itu, pihaknya mengajak perempuan di Gunungkiduk berdikari. Agar menjadi pengawas sekaligus pelopor dalam pelaksanaan Pilkada dengan meningkatkan kesadaran untuk menolak politik praktis.

Dalam Gerakan Perempuan Mengawasi ini, ada tiga yang Bawaslu ajakan kepada perempuan di Gunungkidul. Ketiganya antara lain larangan politik uang, larangan ujaran kebencian dan netralistas Aparatur Sipil Negara.

“Di masa tenang iki jika nanti para perempuan menemukan pelanggaran tiga poin tersebut, kami dari Bawaslu siap untuk melakukan pengawalan,” papar dia.

Masa tenang sendiri dianggap menjadi waktu paling strategis untuk mengampanyekan gerakan ini sebagai langkah preventif. Hingga hari kedua ini Bawaslu telah menerima laporan adanya pembagian barang dari salah satu paslon di Kapanewon Semin.

“Divisi penegakkan hukum sedang menelusurinya, hasilnya seperti apa nanti akan segera kami share,” kata Rosita.

Selain pada tiga poin tersebut, Bawaslu juga membagikan masker. Masker sendiri dipilih sebagai sarana pengingat agar saat datang menyalurkan aspirasinga di Tempat Pemungutan Suara nanti, warga Gunungkidul tak lupa menggunakan alat pelindung diri.

“Semoga tidak ada cluster baru penyebaran covid19 pada porses Pilkada ini,” tandas Rosita.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler