fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Fakta Tentang Lovebird

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Lovebird atau burung cinta adalah burung dengan filosofi pasangan cinta atau cinta sejati. Nama tersebut muncul sejak seseorang mengambil foto mereka yang tampak saling memberi makan dan berpelukan.  Lovebird sudah sangat dikenal di kalangan kicau mania. Selain karena suaranya, burung ini juga dicari karena warna bulunya yang eksotik. Burung lovebird memiliki banyak keunikan yang belum banyak diketahui orang. Misalnya, burung ini akan menyuapi pasangannya dengan cara berciuman. Tidak hanya itu, berikut ini beberapa fakta unik dan menarik tentang burung lovebird.

Lovebird Hanya Memiliki Satu Pasangan Sejati Untuk Seumur Hidup

Burung-burung monogami mencapai kematangan seksual ketika mereka berusia sekitar sepuluh bulan. Perkawinan dimulai dengan pacaran dan dapat berlanjut selama rentang waktu sekitar 15 tahun. Monogami sangat penting untuk stabilitas sosial kawanan dan mendasari banyak perilaku sosial.

Burung Ini Peduli Satu Sama Lain

Jika pasangan mati atau terpisah dari kawanannya, rekannya menunjukkan perilaku yang tidak menentu yang oleh sebagian orang disamakan dengan depresi. Burung yang sering dipelihara sebagai hewan peliharaan ini juga tidak suka sendirian.

Lovebird Adalah Jenis Parrot Mini

Lovebird termasuk jenis parrot yang berukuran kecil, dengan warna bulu yang terang berwarna hijau. Panjang tubuhnya dari paruh sampai ekor hanya 12-17 cm saat mencapai dewasa. Lovebird  adalah pilihan bagi orang yang ingin memelihara parrot, namun jika menganggap ukuran Amazon atau Macaw terlalu besar.

Ada Lebih Dari Satu Spesies Lovebird

Sembilan spesies yang diklasifikasikan sebagai lovebird berasal dari genus Agapornis. Kebanyakan lovebird memiliki tubuh berbulu hijau dan warna bulu kepala yang berbeda. Kerabat terdekat mereka adalah burung nuri gantung yang berada di Asia.

Burung Ini Berasal Dari Afrika

Lovebird adalah burung asli dari hutan dan sabana di Sahara Afrika dan Madagaskar. Fosil burung lovebird purba telah ditemukan 1,9 juta tahun yang lalu di Afrika Selatan.

Lovebird kadang juga disebut hama

Lovebird bertahan hidup dengan makanan sehat berupa biji, beri, buah, dan kadang-kadang larva serangga di alam liar. Namun, di Afrika mereka dikenal sebagai hama tanaman yang licik karena berpesta pora di pertanian jawawut dan jagung.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler