fbpx
Connect with us

Uncategorized

Tujuh Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Tanaman hijau ini bisa membantu menjaga kesehatan dan kecantikan secara alami. Daun pandan punya nutrisi baik, seperti senyawa flavonoid, polifenol, saponin, glikosida, minyak esensial beraroma kaya, dan alkaloid. Nggak heran jika daun pandan digunakan secara teratur, dapat memberikan manfaat lebih dan efektif untuk tubuh. Nah, apa saja manfaat daun pandan untuk kesehatan dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut beberapa manfaat daun pandan untuk kesehatan dilansir dari brilio.net.
1. Membantu Mengatasi Sakit Atau Nyeri
Pandan memiliki khasiat pencahar. Sedangkan daunnya dapat bertindak sebagai pereda nyeri untuk sakit kepala, sakit telinga, perut kejang (peradangan dan infeksi), nyeri dada, dan radang sendi. Cara menggunakannya ialah, campur daun pandan dengan teh hangat. Bersihkan dan ikat 8-10 helai daun pandan, rebus dalam panci yang sudah diisi air selama 10 menit dan didihkan selama 5 menit. Tambahkan jahe atau serai untuk menambah rasa.
2. Detoksifikasi Tubuh
Detoksifikasi atau mengurangi kadar racun di dalam tubuh. Menambahkan daun pandan ke makananmu, bisa membantu hati dengan organ lain berfungsi baik. Sehingga racun dalam tubuh akan berkurang secara alami. Terutama racun dan zat tidak sehat dari bagian hati. Karena daun pandan adalah obat pencahar alami, sehingga ringan dan mudah membantu mengeluarkan limbah (kotoran).
3. Membantu Mengatasi Ketombe
Daun pandan tidak hanya bermanfaat untuk tubuh bagian dalam saja. Daun pandan juga bisa memberikan efek baik bagi kesehatan kulit kepala, yakni mengatasi masalah ketombe membandel. Cara pemakaiannya sangat mudah dan sederhana. Buat daun pandan menjadi masker dan shampo alami.
Hancurkan atau haluskan 10 lembar daun segar hingga halus. Lalu campur dengan 100 ml air. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala, bungkus atau tutup kepala dengan handuk. Biarkan atau diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas kepala dengan air atau sampo sampai bersih.
4. Menurunkan Kadar Gula Dalam Tubuh
Dilansir dari laman The Benefit, daun pandan ini dapat menggantikan manfaat gula sebagai pemanis makanan dan minuman. Daun pandan dapat memberikan rasa segar dan gurih. Maka dari itu, teh atau ekstrak pandan bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Bahwa glukosa plasma pada tubuh bisa turun secara signifikan selama mengonsumsi daun pandan. Cocok pula buat kamu yang telah terdiagnosa memiliki penyakit diabetes.
5. Menurunkan Tekanan Darah
Salah satu khasiat daun pandan bagi kesehatan yang paling manjur adalah bisa menurunkan tekanan darah. Ini adalah cara alami untuk meredakan gejala pusing dan dapat membantu mencegah stroke. Cara memanfaatkan daun pandan untuk menurunkan tekanan darah mudah. Ambil 2 sampai 3 lembar daun berukuran sedang, ikat menjadi simpul. Masukkan ke dalam panci yang sudah diisi air.
6. Meredakan Asam Urat
Teh atau ekstrak daun pandan diketahui dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami. Sehingga dapat membantu meringankan gejala asam urat. Minum teh daun pandan buatan rumahan atau sendiri secara rutin juga dapat membantu mengeluarkan batu ginjal dari dalam tubuh.
Caranya, cuci bersih 3 sampai 4 lembar daun pandan ukuran kecil atau sedang. Buat daunnya jadi ikat simpul, biar lebih praktis. Didihkan air dalam panci kecil, masukkan daun pandan. Kamu bisa menambah jahe untuk memberikan aroma lebih segar. Rebus selama 10 menit sampai air berubah menjadi hijau. Tiriskan dan buah daun dari air mendidih. Minumlah teh (ekstrak daun pandan) saat sudah dingin.
7. Meningkatkan Nafsu Makan
Bagi kamu atau anak yang sedang mengalami nafsu makan lemah, apalagi jika baru saja sembuh dari sakit atau enggan makan, daun pandan bisa membantu memulihkan dan menambah nafsu makan. Minumlah teh daun pandan di pagi dan sore hari untuk menghilangkan nafsu makan yang hilang.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler