fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Keunggulan Bonsai Kemuning

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Tanaman kemuning sendiri tergolong dalam tanaman perdu yang dapat tumbuh liar. Kemuning tumbuh dengan subur di tanah yang lembap, seperti kondisi tanah di Indonesia pada umumnya. Tingginya bisa mencapai 7 meter. Bunganya memiliki aroma semerbak dan mekar sepanjang tahun. Lantas, apa saja keunggulan bonsai kemuning? Yuk, simak ulasannya dilansir dari dekoruma.

Karakter Batang Berumur

Kemuning memiliki karakter batang yang unik. Bagian kulit batangnya berkerak atau agak mengelupas. Karakteristik batang ini sudah dimiliki oleh kemuning sejak dini. Kulit yang berkerak ini menjadikan bonsai kemuning tampak seperti sudah berumur tua. Tampilan bonsai pun semakin antik!

Batang Mudah Dibentuk

Salah satu alasan orang menyukai bonsai adalah karena batangnya bisa dibuat meliuk-liuk. Semakin unik liukannya, semakin mahal harga jualnya. Untuk membuat bonsai dengan batang meliuk yang cantik, pemiliknya perlu telaten melilitkan kawat selama masa pertumbuhan bonsai. Nah, bonsai kemuning punya keunggulan tersendiri untuk urusan ini dibandingkan bonsai lain. Batangnya tipis sehingga mudah dibentuk sesuai keinginan. Kalaupun kamu malas membentuknya, batang bonsai ini akan tumbuh meliuk dengan sendirinya. Lebih unik dan alami!

Berbunga Sepanjang Tahun

Bonsai kemuning mendapatkan karakteristik bunga yang dimiliki tanaman aslinya. Bunga bonsai kemuning bermekaran sepanjang tahun. Warnanya putih bersih. Hal ini jelas membuat bonsai tampil cantik. Tidak hanya itu, bunga bonsai kemuning juga mengeluarkan aroma semerbak. Saat diletakkan di dalam rumah, aromanya akan menyebar dengan sempurna.

Bonsai yang Rimbun

Sebagai tanaman perdu, kemuning memiliki banyak ranting dan daun. Sama seperti tanaman aslinya, bonsai kemuning juga kaya akan ranting. Alhasil, bonsai tampak sangat rimbun. Bedanya, ranting-ranting bonsai kemuning jauh lebih mudah dipangkas untuk menjaga keindahannya. Kamu cukup menggunakan gunting dalam waktu singkat. Berbeda dengan kemuning yang berukuran besar, di mana kamu membutuhkan tenaga ekstra untuk memangkasnya.

Daun yang Mendukung untuk Teknik Bonsai

Dibandingkan dengan tanaman lain, kemuning bisa dibilang sangat mendukung teknik bonsai. Tanaman kemuning aslinya memiliki daun-daun berukuran kecil. Proses mengerdilkan kemuning pun akan semakin mudah!

Bonsai yang Bisa Berbuah

Bonsai kelapa tidak dapat berbuah seperti tanaman kelapa aslinya. Namun, bonsai kemuning bisa menghasilkan buah yang sama persis seperti aslinya, lho! Hanya saja ukurannya lebih kecil. Buah bonsai kemuning ini muncul dalam warna kehijauan. Saat sudah matang, warnanya akan berubah menjadi merah atau oranye. Dari buah ini juga, kamu dapat menanam bonsai yang baru.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler