fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Manfaat Bawang Hitam Bagi Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Bawang hitam adalah bentuk fermentasi dari bawang putih. Sesuai dengan namanya, bawang ini memiliki warna hitam pekat. Teksturnya lebih lembut dan kenyal dibandingkan dengan bawang putih, sedangkan rasanya jadi manis dan asam. Hasil fermentasi tadi menjadikan bawang hitam memiliki nutrisi yang berbeda dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Jangan lihat tampilannya yang aneh dan mengerikan karena bawang hitam justru memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho! Yuk, simak ulasan  mengenai manfaat bawang hitam di bawah ini dilansir dari dekoruma!

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Menurut penelitian yang dipublikasikan melalui jurnal Studies on Garlic, bawang hitam mengandung senyawa bioaktif. Senyawa ini mampu mengurangi risiko munculnya penyakit kanker. Cara kerjanya dengan mematikan sel kanker, menghambat penyebaran tumor, menghentikan siklus pertumbuhan sel kanker, serta memicu pertumbuhan protein khusus yang dapat membunuh sel kanker. Bawang hitam juga dapat digunakan untuk mengobati kanker lambung, usus, paru-paru, dan leukemia, lho!

Melindungi Organ Hati

Mengonsumsi obat dan alkohol yang berlebihan dapat mengganggu kinerja hati. Organ bisa mengalami penumpukan lemak dan meradang. Nah, pada kasus ini, bawang hitam berperan untuk melepas antioksidan dan mencegah penumpukan lemak serta peradangan. Hati pun dapat bekerja kembali dengan maksimal untuk menetralisir racun dan memperbaiki sel darah merah di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Senyawa bioaktif dari bawang hitam memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi. Hal ini baik untuk menjaga kesehatan jantung. Bawang yang juga termasuk tanaman hortikultura ini akan melindungi sel-sel pada sistem kardiovaskular, serta menghambat produksi enzim dan protein yang menimbulkan peradangan. Bawang hitam juga terbukti ampuh menurunkan kadar kolestrol dan trigliserida dalam darah sehingga risiko penyakit jantung dapat dikurangi.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Punya riwayat penyakit diabetes? Yuk, kurangi risikonya dengan mengonsumsi bawang hitam secara rutin. Pasalnya, bawang hitam ini memiliki senyawa antioksidan yang mampu mengatur kadar gula darah. Untuk yang mengidap penyakit diabetes, makan bawang hitam secara rutin dapat membantu mengurangi komplikasi penyakit tersebut.

Menjaga Kesehatan Otak

Monosodium glutamate atau MSG memiliki efek samping berupa peradangan dalam otak apabila dikonsumsi secara berlebihan. Antioksidan yang dikandung bawang hitam berperan untuk mengurangi efek peradangan tersebut. Zat tersebut juga mampu meningkatkan fungsi kognitif, daya ingat, serta mengurangi risiko terjangkit penyakit demensia, Alzheimer, dan Parkinson.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain macam rempah-rempah, bawang hitam juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya dengan melepas zat antioksidan untuk melawan radikal bebas dan stres oksidatif di dalam tubuh. Kekebalan yang baik akan membantu tubuh melawan infeksi dan bakteri penyebab penyakit dengan sempurna.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler