fbpx
Connect with us

bisnis

40 Anggota Pramuka Ikuti Orientasi Saka Wirausaha

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)–Kwartir cabang (Kwarcab) Kota Jogja menggelar Orientasi Saka Wirausaha di Bumi Perkemahan Ambarbinangun, Kasihan, Bantul, Jumat (21/6/2024).  Kegiatan tersebut diikuti 40 anggota pramuka. Kegiatan ini digelar bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM DIY. Sebagaimana diketahui, Saka Wirausaha merupakan salah satu rintisan saka di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) yang fokus pada pembangunan wirausahawan muda untuk mendukung program pemerintah. Dalam orientasi tersebut, para anggota  mendapatkan berbagai materi berkaitan dengan wirausaha.

Ketua Kwarcab Kota Jogja, Heroe Poerwadi, menuturkan Saka Wirausaha masih terbilang rintisan.
“Sebab, baru ada di beberapa daerah, belum ada serentak secara nasional. Ini merupakan salah satu cara untuk mencetak wirausaha atau wiraswasta muda,”ucap Heroe.

Berita Lainnya  PPKM Resmi Dicabut, Bupati Persilakan Masyarakat Kembali Beraktifitas Normal

Heroe melanjutkan, adapun ciri-ciri negara maju persentase minimal empat persen untuk pertumbuhan wirausaha muda.
” Sementara, saat ini di Indonesia baru 3,5 persen. Untuk itu, Indonesia harus menggenjot jumlah wiraswasta  muda untuk menjadi negara maju,” ujar Heroe, Jumat.
Semakin banyak wirausaha muda, maka akan semakin banyak pula inovasi yang tumbuh. Ini nantinya diharapkan bisa menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi. Jika hanya sebatas inovasi yang tak tereksekusi, bagi Heroe itu tidak akan memberi dampak apapun kepada kesejahteraan masyarakat.


” Semoga gerakan ini tak hanya menjadi sekadar orientasi, namun benar-benar ada tindak lanjut. Nanti ada bentuk bantuan untuk merintis usaha dengan modal yang tidak besar, dan bisnis yang tidak begitu besar juga tidak masalah,” katanya.

Kepala Bidang Kewirausahaan Dinas Koperasi dan UKM DIY yang juga pembina Saka Wirausaha Kwartir Provinsi, Wisnu Hermawan SP MT, mengatakan Saka Wirausaha diharapkan untuk mendukung Indonesia emas 2045.

Berita Lainnya  Diperuntukan Bagi Ekonomi Bawah, Kementerian Keluarkan Program Gerakan Setengah Miliar Masker

“Ekosistem itu kita tumbuhan sejak muda. Kita coba mempercepat pertumbuhan wirausaha menuju Indonesia Emas,” tandas Wisnu.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler