fbpx
Connect with us

bisnis

Aglaonema Park Terbesar di Dunia Diresmikan Mendes PDTT

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja, (pidjar-com-525357.hostingersite.com) — Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar, meresmikan Aglaonema Park yang digagas oleh BUMDes Desa Tridadi, Sleman, Sabtu (22/6/2024).
Aglaonema Park merupakan destinasi wisata yang khusus menyuguhkan tanaman aglaonema dengan ratusan jenisnya dan diklaim menjadi destinasi wisata terbesar di Indonesia, bahkan dunia.

Abdul Halim Iskandar atau yang akrab disapa Gus Halim mengatakan, kehadirannya di Desa Tridadi ini untuk mengajak pecinta tanaman, pecinta lingkungan, pegiat wisata untuk mendukung Aglaonema Park iagar terus berkembang dan tidak semata hanya menjadi ikon Sleman.

“BUMDes yang memiliki inovasi seperti Desa Tridadi ini layak didukung. Apalagi keberadaannya menghadirkan suasana baru dengan menyajikan 209 spesimen tanaman. Ini terbesar dan terlengkap, tidak hanya di Indonesia tetapi dunia. Saya yakin ini bisa menjadi tonggak perekonomian masyarakat desa yang hidup dan berkembang,” katanya kepada wartawan usai peresmian.

Berita Lainnya  Indonesia Custom Show 2023 Hadirkan 125 Mobil dan 100 Motor Nyentrik

Gus Halim menjelaskan, keberadaan Aglaonema Park ini mengingatkan dirinya pada anggrek yang disertifikasi dan disahkan oleh instansi Royal Horticultural Society London Inggris. Sebab tanaman Aglonema ini ternyata pusat dan terbanyak variannya berada di Indonesia.

“Harapannya dapat terus dikembangkan. Kami merekomendasikan langkah-langkah lanjutan untuk memastikan keberlanjutan Aglonema Park, termasuk fasilitasi pembentukan institusi terkait hak cipta untuk melindungi varietas Aglaonema asli Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sleman, Kustini mengatakan, peresmian Aglonema Park ini menandakan komitmen pemerintah dalam mendukung inovasi dan pengembangan potensi desa untuk meningkatkan pariwisata dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami menyambut baik adanya Aglaonema Park ini. Inovasi dan kreasi seperti ini harus kita dorong,” tandasnya.

Berita Lainnya  ACE Yogyakarta Ajak Awak Media dalam Store Tour BOOMSALE

Sementara Direktur Bumdes Tridadi Makmur, Agus Choliq menambahkan ada 209 jenis tanaman Aglaonema yang ada di taman tersebut. Tanaman yang berkembang di iklim tropis ini sangat diminati dan memiliki potensi berkembang yang besar sehingga perlu terus dilestarikan.

“Keberagaman ini menjadikan Aglonema Park sebagai salah satu destinasi wisata Aglaonema terbesar bukan hanya di Indonesia, namun juga dunia. Kami ingin menghadirkan Aglonema Park sebagai surga bagi para pecinta tanaman hias,” imbuhnya.

Agus menjelaskan, di taman ini juga terdapat patung Bapak Aglaonema Indonesia, Greg Hambali yang telah wafat pada akhir 2023 lalu. Greg Hambali diabadikan karena merupakan sosok inspiratif di dunia tanaman hias Indonesia dengan dedikasi puluhan tahun dalam penelitian, membudidayakan dan mempopulerkan Aglaonema.

Berita Lainnya  40 Anggota Pramuka Ikuti Orientasi Saka Wirausaha

“Kami ingin memberikan pengalaman yang mengesankan bagi pengunjung. Selain berbelanja Aglaonema, pengunjung juga dapat belajar tentang tanaman ini,” pungkasnya.(Ken).

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler