fbpx
Connect with us

Pemerintahan

75% Dana Desa Disalurkan untuk Jaring Pengaman Sosial, 171 KK di Pulutan Terima Bantuan Setahun Kedepan

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Sejumlah kalurahan di Gunungkidul telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Salah satunya adalah Kalurahan Pulutan. Kamis (25/02/2021) siang, pemerintah kalurahan menyalurkan bantuan secara langsung kepada 171 orang. Dengan demikian, di wilayah tersebut hampir seluruh warganya telah menerima bantuan dari pemerintah.

Lurah Pulutan, Rusmiyanto mengatakan bahwa hari ini pihaknya mulai menyalurkan BLT DD tahap pertama kepada 171 warga. Pihaknya juga menjamin, dalam penentuan penerima manfaat itu melalui proses seleksi dan penjaringan mulai di tingkat RT hingga kalurahan.

“Dalam musyawarah khusus kemarin kita panggil RT dan kita lakukan penjaringan siapa-siapa yang memang layak dan pantas mendapatkan bantuan tersebut. Akhirnya muncul 171 nama yang mendapat BLT DD tahun 2021 ini,” terang Rusmiyanto.

Lebih lanjut dikatakan, total KK sendiri di Pulutan berjumlah 1.354 KK. Dari jumlah trsebut 562 tercatat sebagai penerima manfaat BST, kemudian ada total akumulasi 434 yang tercatat sebagai penerima BPNT dan PKH.

Ia menjelaskan, dengan disalurkannya bantuan ini pihaknya mengklaim bahwa semua warga telah mendapatkan bantuan dari berbagai sumber. Meski diakuinya masih ada 187 KK yang memang belum mendapat bantuan dengan berbagai pertimbangan.

“Masih ada 187 KK tapi itu ada yang PNS, pensiunan, perangkat desa dan ada beberapa KK baru,” terang dia.

Terhadap para KK baru yang belum mendapatkan bantuan, pihaknya akan berupaya mencari solusi. Dimana nanti jika kedepan ada bantuan dari sumber lain maka mereka juga akan menjadi prioritas.

“Secara keseluruhan, hampir semua warga di Pulutan sudah mendapatkan bantuan. Jadi dapat dibilang merata, karena ada beberapa bantuan seperti pra kerja, UMKM yang tidak termonitor desa dan itu banyak yang dapat. Kami kira di Pulutan ini sudah merata,” tandas dia.

Terkait dengan BLT DD sendiri pihaknya menganggarkan Rp 615.600.000 dari jumlah dana desa yang diterima sebesar Rp 818.542.000. Dengan demikian, pihaknya pada tahun ini kemungkinan tidak akan melaksanakan pembangunan fisik.

Adapun untuk BLT DD ini setiap KPM menerima Rp 300.000. Dalam penerimaannya dilakukan setiap bulan selama 12 bulan kedepan.

“Sisa anggaran sebesar Rp 137.458.640 dari dana desa selain untuk BLT DD itu akan kami gunakan untuk pemberdayaan masyarakat, seperti kesehatan, PAUD dan lainnya,” beber Lurah Pulutan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler