fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Belasan Kalurahan di Gunungkidul Masih Belum Terjangkau Sinyal Internet

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari, (pidjar-com-525357.hostingersite.com)–Pada era digital seperti saat ini, ketersediaan dan kecepatan jaringan internet sudah menjadi sebuah kebutuhan cukup penting. Melalui sinyal internet, segala informasi dapat dikirim maupun didapatkan dengan waktu yang singkat.

Di Kabupaten Gunungkidul sendiri, masih terdapat sejumlah wilayah yang mengalami kesulitan sinyal dan menjadi persoalan yang harus mulai diatasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul, Wahyu Nugroho, menyampaikan, pihaknya terus berupaya memperbaiki jaringan internet di wilayah yang masih kesulitan sinyal. Langkah itu perlu diambil agar setiap Kalurahan di Gunungkidul dapat tersambung dengan sinyal internet dan dapat mempermudah dalam mengakses informasi maupun kegiatan sosial masyarakatnya.

Dalam catatannya, hingga saat ini masih terdapat 13 Kalurahan di Gunungkidul yang masih mengalami kesulitan dalam ketersediaan sinyal internet.

“Kendala terbesar penyediaan jaringan internet itu adalah ketersediaan anggaran. Memang untuk membangun jaringan juga perlu biaya yang tinggi,” ucap dia, Minggu (29/05/2022).

Menurutnya, dalam pembangunan jaringan internet di wilayah yang memiliki karakteristik perbukitan seperti di Gunungkidul, terdapat aturan khususnya. Sehingga adanya dukungan dari berbagai pihak masih sangat dibutuhkan untuk memperluas jaringan internet di Gunungkidul.

Berita Lainnya  Program Pemberian Jatah Hidup Dari Pemerintah, Dinas Sosial Ajukan Ribuan Rumah Tangga Penerima

Misalnya, telah diresmikannya jaringan internet di Pantai Wediombo beberapa waktu lalu atas hasil kerjasama dengan pihak ketiga.

“Kami juga berupaya menggandeng pihak ketiga untuk memberikan dukungan mengatasi masalah sinyal internet ini, skema dukungannya bisa lewat CSR. Selain pihak ketiga, kami juga berharap ada dukungan dari pemerintah pusat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian, mengungkapkan ketersediaan jaringan internet di kawasan wisata saat ini menjadi hal yang cukup penting karena untuk memaksimalkan pelayanan kepada wisatawan misalnya melalui penggunaan e-ticketing. Selain itu, ketersediaan internet di kawasan wisata juga dapat menunjang dalam perluasan penyebaran informasi tentang objek wisata itu sendiri.

“Kami selalu berkoordinasi dengan Diskominfo tentang ketersediaan jaringan internet ini,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler