fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dua Jembatan Anyar Bakal Dibangun di Kawasan Utara

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pembangunan infrastruktur di kawasan utara Gunungkidul terus digagas oleh Pemkab Gunungkidul dan Pemda DIY. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pemerataan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Diharapkan dengan pengenjotan infrastruktur ini, kawasan utara bisa semakin berkembang. Sebagaimana diketahui, saat ini kawasan utara relatif tertinggal dalam hal pembangunan infrastruktur dibandingkan dengan kawasan selatan maupun tengah.

Saat ini, Pemda DIY sendiri memiliki gagasan pembangunan jalan maupun jembatan di kawasan utara sebagai sarana menujang mobilitas masyarakat. Selain jalur Gading-Ngalang-Tawang yang pembangunannya akan kembali dilanjutkan, pada tahun 2021 ini Pemda DIY menggagas pembangunan 2 jembatan di Kapanewon Gedangsari.

Dana miliaran rupiah telah disiapkan untuk membangun Jembatan Buyutan dan Jembatan Bancang yang terletak di Kalurahan Ngalang. Dua jembatan ini berdiri di atas jalan berstatus milik provinsi, sehingga dalam penanganannya merupakan ranah provinsi.

“Kami (DPUPRKP Gunungkidul) sudah mendapatkan informasi dan pemaparan terkait dengan rencana pembangunan 2 jembatan tersebut,” kata Wadiyana, Kasi Pemeliharaan DPUPRKP Gunungkidul.

Kendati telah mendapatkan informasi dan pemaparan, namun dari Pemkab Gunungkidul belum mengetahui secara pasti kegiatan fisik kapan akan dilakukan.

Menurut dia, kawasan utara memang belakangan ini juga menjadi perhatian pemerintah untuk pemerataan pembangunan serta memberikan akses yang memadahi. Terlebih, Gunungkidul saat ini mulai berkembang pesat dari segala macam bidang khususnya pariwisata. Adanya jalur transportasi yang memadai dirasa akan semakin mempercepat perkembangan wilayah.

Selain dua jembatan tersebut, Pemda DIY juga tengah menyusun DED terkait dengan pengeprasan Tanjakan Clongop. Pasalnya selama ini, jalur tersebut sangat curam dan sering terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Kalau untuk Tanjakan Clongop itu juga ranah provinsi. Informasinya sekarang masih dalam tahap penyusunan DED,” jelas dia.

“Dari APBD Gunungkidul ada 1 rencana pembangunan jembatan Rejosari III, Kalurahan Serut, Kapanewon Gedangsari. Tapi itu kalau anggarannya tidak kena refocusing ya,” tambah Wadiyana.

Sementara itu, Pendamping Lapangan Pekerjaan Provinsi, Harno menuturkan bahwa Jembatan Buyutan dan Bancang merupakan jembatan yang berada di jalan provinsi yang menghubungkan kalurahan Ngalang-Hargomulyo-Watugajah.

“Itu pengerjaannya adalah di ranah provinsi,” sambungnya.

Sebagai informasi, dua jembatan tersebut akan dibangun menggunakan dan dari Pemda DIY senilai miliaran rupiah. Saat ini masih dalam eksekusi di tahap lanjutan, untuk proses pembangunan fisik masih harus menunggu rampungnya proses tersebut.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler