fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Akhir Tahun, 2 Jalur Akan Diguyur Pemasangan Ratusan Lampu Penerangan Jalan

Diterbitkan

pada tanggal

Tanjungsari,(pidjar.com)–Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul akan kembali melakukan pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU). Sejumlah ruas jalan yang masih minim penerangan di sejumlah jalur prioritas akan disasar. Sedikitnya ada 141 titik yang akan dipasangi lampu penerangan guna menunjang kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan.

Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum dan Perparkiran, Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul, Elly Siswanto mengatakan, terkait pemasangan LPJU ini, pihaknya telah menetapkan sejumlah titik menjadi prioritas dari pemerintah. Ia memastikan, eksekusi pemasangan sendiri akan dilakukan menjelang akhir tahun ini. Adapun jalur yang dilakukan pemasangan LPJU adalah jalur Playen-Wonosari-Mulo dan di kawasan jalur pantai.

“Sudah kami siapkan baik dana maupun teknisi untuk pemasangan penerangan jalan umum,” terang Elly Siswanto, Senin (04/11/2019).

Dari pemerintah sendiri nantinya akan melakukan pemasangan 50 LPJU dengan tenaga listrik dan 36 unit LPJU yang memanfaatkan tenaga surya. Pemkab Gunungkidul juga mendapatkan tambahan pemasangan LPJU sebanyak 50 unit. LPJU yang anggarannya berasal dari Pemkab Gunungkidul akan dipasang di Jalan Kabupaten, sedangkan LPJU bantuan dari Pemda DIY akan dipasang di jalur provinsi.

Berita Lainnya  Filosofi Pisang Jadi Inspirasi Warga Jelok Kembangkan Batik Sinuwun

“Kita harapkan nantinya dengan pemasangan LPJU ini, bisa membuat masyarakat semakin nyaman dan aman,” bebernya.

Selain pemasangan baru, pemeliharaan dan perbaikan PJU pun juga akan dilakukan khususnya di jalur nasional. Dari Pemkab sendiri jika ada aduan kerusakan akan bergerak melakukan perbaikan jika telah.koordinasindengan pemerintah pusat ataupun provinsi.

“Biasanya juga kami lakukan pengecekan dan perbaikan. Meski bukan ranah kami tapi kalau untuk perbaikan di jalur nasional tetap kami upayakan,” tambah dia.

Adapun berdasarkan pemetaan, pihaknya mengakui bahwa kawasan pesisir masih terbilang minim penerangan. Tentunya hal ini membutuhkan perhatian khusus dalam penangananya. Pasalnya tidak menutup kemungkinan, jalur yang minim penerangan justru dapat menimbulkan sejumlah resiko.

Berita Lainnya  Tujuh Penghuni Lapas Anak Dapat Kado Remisi Hari Anak, 1 Orang Langsung Bebas

Sementara itu, Camat Tanjungsari, Rakhamadian mengatakan beberapa titik di kawasan khususnya jalur pantai memang masih membutuhkan penerangan yang lebih lagi. Misalnya saja di jalur sepanjang Karangasem-Mulo, kemudian sebelah timur Ngingrong yakni sekitar Alas Mojojerit perbatasan Semanu-Tanjungsari.

“Jalur utama bagi wisatawan yang hendak ke Pantai Krakal. Kalau malam kan gelap, harapan kami segera ada pemasangan penerangan jalan umum,” ucap Rakhmadian.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler