fbpx
Connect with us

Peristiwa

Aktivitas Merapi Meningkat, Gunungkidul Akan Siapkan Barak Pengungsian

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Aktivitas Gunung Merapi yang meningkat beberapa waktu belakangan ini membuat Pemkab Gunungkidul bersama Kodim 0730 Gunungkidul dan juga Polres Gunungkidul juga menggelar langkah strategis. Salah satunya dengan menyiapkan barak pengungsian. Mengingat Gunungkidul sendiri sangat dekat dengan Klaten dan Sleman.

Komandan Kodim 0730 Gunungkidul, Letkol Inf Noppy Laksana Armiyanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan pembahasan secara intensif. Pembahasan tersebut juga termasuk pada lokasi pengungsian yang hingga kini masih dikaji kelayakannya.

“Pembahasan kami sudah mengerucut pada titik titik potensial untuk pengungsian,” papar Noppy, Jumat (20/11/2020) meski belum menyebutkan lokasi pastinya.

Adapun kajian tersebut antara lain memastikan kenyamanan lokasi pengungsian. Selain itu juga memastikan keamanannya. Nantinya, barak pengungsian tersebut akan diberikan untuk membantu bilamana lokasi yang tersedia di wilayah dekat lereng merapi telah penuh.

“Kenyamanan juga harus dipastikan, ketersediaan kebutuhan juga,” imbuh dia.

Senada dengan Dandim, Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan mengatakan persiapan ini sebagai langkah untuk membantu Kabupaten Sleman dalam menghadapi bencana. Untuk melayani para pengungsi pihaknya nantinya akan bersinergi dengan TNI dan juga organisasi masyarakat.

Berita Lainnya  Gelombang Pelajar Berdatangan Hendak Rayakan Kelulusan di Pantai, Nyaris Bentrok Dengan Warga

“Pada dasarnya kami ini siap, apalagi Gunungkidul bertetangga langsung dengan Sleman,” ujar Agus.

Di Kabupaten Gunungkidul sendiri sebenarnya saat ini masih melakukan antisipasi dampak La Nina yang dipastikan terjadi pada dua Bulan terakhir di tahun 2020. Sejumlah antisipasi dari mulai tanah longsor, terpaan angin dan juga luapan kali Oya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler