fbpx
Connect with us

Peristiwa

Akui Berselingkuh dengan Warganya, Dukuh di Patuk Dituntut Mundur

Diterbitkan

pada

BDG

Patuk,(pidjar.com)– Lagi dan lagi. Oknum dukuh di Kabupaten Gunungkidul dituntut mundur oleh warganya karena kasus perselingkuhan yang dilakukan. Senin (27/11/2023) warga Padukuhan Sumbertetes, Kalurahan Patuk, Kapanewon Patuk menggelar aksi demo oleh warganya dan meminta dukuh setempat untuk dicopot dari jabatannya. Hal tersebut lantaran dugaan warga atas kasus perselingkuhan yang dilakukan oleh dukuh Sumbertetes.

Tokoh masyarakat setempat, Sugito mengatakan, belakangan ini masyarakat dibuat resah dengan perilaku dukuh Sumbertetes, yang diketahui menjalin hubungan dengan salah seorang warganya. Bahkan perselingkuhan tersebut cukup jauh sebab keduanya juga telah mengakui sempat melakukan hubungan layaknya suami istri.

“Aksi damai yang diwakili oleh beberapa warga ini sebagai bentuk penyampaian aspirasi masyarakat Sumbertetes yang keberatan dengan tindakan dukuh kami yang melakukan perselingkuhan. Yang bersangkutan pun juga telah mengakui hal tersebut,” papar Sugito.

Berita Lainnya  Panen Bencana pada Sabtu Pagi, Dari Pohon Tumbang Hingga Tanah Longsor

Menurutnya, hubungan gelap dukuh Sumbertetes ini dengan salah seorang warga yang telah bersuami telah diendus sejak lama. Karena perilaku keduanya yang aneh. Dari situ warga kemudian menggali informasi dan memang benar, pasangan selingkuh ini kemudian mengakui perbuatannya.

“Sudah 5 bulan menjalin hubungan padahal sama-sama memiliki suami maupun istri. Keduanya sudah mengakui kok atas hubungan mereka dan sejauh mana. Kami sudah melakukan beberapa kali pertemuan baik dengan keluarga kedua belah pihak maupun tokoh masyarakat,” kata dia.

Atas apa yang dilakukan ini, masyarakat meminta dukuh Sumbertetes untuk dapat dipecat oleh lurah setempat. Alasannya, dukuh tidak bisa memberikan contoh yang baik bagi masyarakatnya. Perbuatannya tersebut dianggap sudah tak sesuai dengan norma dan tidak pantas.

“Kami menuntut pak dukuh untuk diberhentikan secara tidak hormat. Bukan justru mengundurkan diri,” jelasnya.

Berita Lainnya  Kembali Terjadi, Sapi Lemusine di Grogol Ditemukan Mati Mendadak

Hal senada juga diungkapkan oleh koordinator aksi damai tersebut, Gunawan. Pihaknya meminta agar dukuh Sumbertetes diberhentikan secara tidak hormat, selain itu pihak ya juga akan membawa perkara itu ke ranah hukum agar dukuh setempat dapat lengser dari jabatannya.

“Runtutan perselingkuhan ini panjang, jadi dia tiba-tiba datang ke rumah selingkuhannya itu dan mengatakan ke suaminya (selingkuhan) kalau yang perempuan ini selingkuh dengan salah satu warga. Lha setelah ditelusur si perempuan ini selingkuh dengan dirinya sendiri (dukuh),” ucap Gunawan.

“Kalau tuntutan kami ya diberhentikan tidak dengan hormat. Bukan pengunduran diri sendiri, kalaupun harus ada laporan dan menempuh jalur hukum ya nanti kami komunikasikan kembali, dan siap menempuh jalur hukum” sambungnya.

Sementara itu, Lurah Patuk, Catur Bowo mengatakan, pihaknya telah menerima apa yang menjadi keluh kesah warga dan memfasilitasi pertemuan pagi tadi. Ia tidak menampik adanya rumor perselingkuhan yang dilakukan oleh dukuh Sumbertetes tersebut, sebab saat dikalukan klarifikasi yang bersangkutan pun telah mengakui hal itu.

Berita Lainnya  Gasak Vario di Depan Swalayan, Pencuri Tinggalkan Motor Miliknya

“Iya dia sudah mengakui, yang melakukan bulan Februari 2023. Kalau langkah saya seperti itu, sebenarnya beliau dan keluarga sudah siap mengundurkan diri, tetapi warga tidak menghendaki. Warga menghendaki diberhentikan (pemecatan) dari lurah. Saya bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku tentu ada prosedurnya masing-masing. Jelas kalau saya memberhentikan pak dukuh tentu tidak bisa, tapi kalau beliaunya mengundurkan diri itu bisa kami proses langsung dengan koordinasi bersama dinas terkait,” ucap Catur.

“Warga mau menempuh jalur hukum, kami hanya nunggu proses hukum. Selama belum ada keputusan tentu Pak Dukuh ya tetap menjalankan ketugasan sebagaimana biasanya,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler