fbpx
Connect with us

Sosial

Amankan Perayaan Paskah, Tim Gegana Sisir Gereja-gereja Besar di Gunungkidul

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Datasemen Gegana Sat Brimobda Polda DIY melaksanakan sterilisasi sejumlah gereja di Gunungkidul. Adapun gereja yang disterilisasi sendiri yakni enam gereja besar di Gunungkidul diantaranya adalah Gereja Katolik St Petrus Paulus Kelor Karangmojo, GKJ Wiladeg Karangmojo, Gereja St Petrus Kanisius Wonosari, GKJ Wonosari, GKJ Logandeng Playen,dan Gereja Katolik Santo Yusup Bandung. Sterilisasi ini dilaksanakan guna menjamin keamanan umat Kristiani yang akan menggelar ibadah Paskah.

Kasubag Dalops Bag Ops Polres Gunungkidul, Iptu Sumarno mengatakan, keenam gereja yang disterilisasi tersebut merupakan gereja dengan jemaat yang cukup banyak. Sejumlah petugas diterjunkan untuk mencari benda-benda berbahaya hingga bahan peledak di seluruh gereja dengan peralatan khususnya.

Berita Lainnya  Ribuan UMKM Mulai Tumbuh dan Berkembang, Ekonomi Gunungkidul Menggeliat

Dalam sterilisasi tersebut berbagai sudut gereja di cek satu per satu, termasuk di bagian-bagian kolong guna mendeteksi jika ada barang berbahaya yang bisa mencelakai jemaat saat sedang beribadah.

“Dari hasil pengecekan sementara ini, keadaan masih kondusif dan steril. Tidak ditemukan barang-barang berbahaya,” kata Sumarno, Kamis (14/04/2022).

Kemudian terkait dengan pengamanan Ibadah Paskah tahun ini, Sumarno mengatakan bahwa pihaknya akan menerjunkan sebanyak 103 anggota yang disebar di seluruh gereja. Kepolisian sendiri menjamin keamanan dan kenyamanan jemaat Kristiani dalam menjalankan ibadah.

“Pada saat hari kebaktian, kami juga sudah berkoordinasi dengan pengurus gereja untuk mendapatkan jadwal kebaktian. Sehingga pada kegiatan ibadah hari Paskah ini, kami dapat menerjunkan anggota untuk melakukan pengamanan baik secara terbuka maupun tertutup,” ujarnya.

Sumarno juga memaparkan, selain 103 personil yang diterjunkan ke 6 gereja besar tersebut, personel dari Polsek sekitar juga akan ikut andil dalam menjaga keamanan di titik-titik gereja Yang akan digunakan untuk ibadah paskah nanti.

Berita Lainnya  Cerita Mantan Wakapolsek Playen Pimpin Pasukan Hadapi Hujan Batu dan Molotov Dalam Aksi Demo Rusuh Jakarta

“Kita berharap perayaan Paskah ini bisa berjalan aman dan lancar,” tutup Sumarno.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler