fbpx
Connect with us

bisnis

AMPTA Berkolaborasi dengan El Farm Kembangkan Wisata Berbasis Ternak Kambing

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA telah menjalin kerjasama yang menarik dengan El Farm dalam upaya mengembangkan potensi peternakan kambing sebagai daya tarik wisata yang edukatif dan menghibur. Inisiatif ini merupakan bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan skema hibah Pengabdian Masyarakat Pemula (PKMP) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).
Inisiatif ini digerakkan oleh tim Pengabdian Masyarakat dari Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA yang terdiri dari Hary Hermawan (ketua pelaksana), Amelia Lintang Mahiswara (anggota), Fuadi Afif (anggota), Agenstasya Monica Putri Hendrajaya (mahasiswa), dan Pitta Theresia Br Girsang (mahasiswa).
Kegiatan PKM dengan tema wisata rekreatif edukatif berbasis peternakan kambing ini berlangsung di El Farm, sebuah peternakan kambing dan domba yang berlokasi di Dusun Kunden, Padukuhan Blambangan, Kalurahan Jogotirto, Kapanewon Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tanggal 14 Oktober 2023, kegiatan ini berhasil mengumpulkan 30 peserta, termasuk pihak pengelola El Farm, penggiat wisata Jogotirto (Konco Dolan), dan pelaku UMKM di Padukuhan Blambangan.

Berita Lainnya  Lima Warna Lipstik Untuk Bibir Warna Gelap

Kegiatan ini muncul karena kesadaran bahwa industri peternakan skala kecil menghadapi tantangan ekonomi yang signifikan. Oleh karena itu, diperlukan strategi inovatif untuk memberikan nilai tambah pada peternakan, yang dapat dicapai dengan mengubahnya menjadi daya tarik wisata. Itulah mengapa tema “wisata rekreatif edukatif berbasis peternakan kambing” dipilih. Acara ini mencerminkan semangat kolaboratif dan harapan untuk perkembangan berkelanjutan.

Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat, Hary Hermawan, menyatakan bahwa pemilihan tema PKM 2023 didasarkan pada potensi yang dimiliki oleh El Farm dengan harapan untuk memberikan pengalaman yang unik kepada pengunjung sambil memberikan pemahaman tentang peternakan.

“Kegiatan ini adalah awal dari kemitraan yang lebih erat dengan El Farm demi kemajuan masyarakat setempat,”tutur Hary.

Ketua Pengelola El Farm, Sudarmaji, berterima kasih kepada tim Pengabdian Masyarakat dari Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA atas kerjasama, pelatihan, dan dukungan yang diberikan.

Berita Lainnya  Tujuh bunga dengan yang Menjadi Simbol Berbagai Negara

“Kami berharap kegiatan ini akan membantu El Farm menarik pengunjung dari luar kota Jogja dan menyebut bahwa ini adalah kali ketiga El Farm mendapat dukungan langsung dari Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA,”ucap Sudarmaji.

Lurah Kalurahan Jogotirto, Mitha Mayasari, menyoroti pentingnya kegiatan.

“Hal ini dapat membuka wawasan masyarakat setempat serta memberi motivasi untuk mengembangkan potensi-potensi di daerah tersebut. Inisiatif seperti ini akan berdampak positif pada masyarakat yang lebih luas,”ucap Mitha.

Dalam sesi presentasi, beberapa narasumber membahas konsep dan manfaat wisata berbasis peternakan kambing seperti Andi Irawanto dari Forum Komunikasi Desa Wisata menjelaskan potensi peternakan sebagai daya tarik wisata desa. Beliau mencatat bahwa El Farm dapat menjadi pelopor Agritourism di Desa Jogotirto, memberikan alternatif penghasilan bagi peternak, petani, dan pengusaha pertanian yang memerlukan sumber pendapatan tambahan.

Berita Lainnya  Lima Bahan Alami Penghilang Karat

Hadir pula Edwin Hendra Kusuma dari PT Angsa Indonesia Tours & Travel berbicara tentang pengemasan paket wisata berbasis peternakan kambing. Beliau menjelaskan langkah-langkah untuk merancang paket wisata yang sesuai dengan potensi desa dan target pasar yang dituju.

Adapub Fian Damasdino dari Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) berbicara tentang pemasaran dan penjualan paket wisata menggunakan teknologi digital. Beliau menekankan pentingnya memanfaatkan media digital untuk mempromosikan El Farm dan menarik para wisatawan.

Kegiatan ini mencerminkan semangat kolaborasi dan inovasi yang bertujuan untuk mengangkat potensi peternakan kambing sebagai daya tarik wisata yang menguntungkan secara ekonomi dan edukatif. Melalui langkah-langkah yang telah disarankan oleh para narasumber, diharapkan El Farm dan inisiatif serupa dapat berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat setempat.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler