fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Anggaran Pembangunan Ratusan Miliar, Ruas JJLS Ini Akan Suguhkan View Pantai

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Tahun 2022 ini, pemerintah kembali akan melanjutkan pembangunan 2 proyek prestisius yaitu Jalan Ngalang-Tawang dan Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS). Saat ini pemerintah sudah masuk pada persiapan untuk memulai proses pembangunan. Dana puluhan hingga ratusan miliar rupiah telah dipersiapkan untuk pembangunan 2 ruas jalan tersebut.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Bappeda Gunungkidul, Muhammad Fajar Nugroho mengatakan, tahun 2022 ini, pemerintah akan melanjutkan pembangunan JJLS untuk ruas jalan Tepus Jerukwudel II sepanjang 10,925 km. Adapun untuk ruas jalan tersebut anggaran yang disiapkan oleh pemerintah pusat sebanyak Rp 264 miliar.

“Tanggal SPMK 28 Maret 2022 untuk waktu pengerjaan 640 hari kalender,” jelas Fajar.

Yang cukup menarik, untuk JJLS di wilayah ini akan menyuguhkan pemandangan wisata pantai. Sehingga pengguna jalan yang melintas tidak akan bosan. Adapun JJLS sendiri menghubungkan kawasan selatan sehingga dapat menjadi alternatif jalur bagi mereka yang hendak ke luar kota maupun luar provinsi.

“Jika nantinya sudah terhubung, nanti akan tembus ke Wonogiri sampai ke Pacitan. Kalau di Gunungkidul, panjang JJLS yaitu 76 Km dari Purwosari sampai Girisubo,” paparnya.

Disinggung mengenai pelebaran ruas jalan di Legundi-Planjan, ia mengatakan hal tersebut memang telah direncanakan oleh pemerintah. Pengukuran dan pematokan sendiri telah dilaksanakan. Kendati demikian, eksekusi belum dilakukan dalam waktu dekat.

“Fokusnya tersambungnya JJLS dulu, baru masuk ke rencana pelebaran di ruas Legundi-Planjan,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk pembangunan ruas jalan Ngalang-Tawang yang berada di segmen IV yaitu Ngalang I – Bobung juga akan dilanjutkan pembangunannya pada 2022 ini. Jalan sepanjang 3,4 km akan dibangun dengan anggaran 82 miliar rupiah.

Berita Lainnya  Empat Pasar di Jalur Wisata Ini Bakal Dapat Jatah Pembangunan Kios Anyar

“Persiapan sudah dimulai untuk pembebasan lahan kan juga sudah,” paparnya.

Nantinya Jalan Ngalang-Tawang akan tembus ke wilayah Sleman. Sedangkan Ngalang-Gading akan dikoneksikan ke JJLS. Pembahasan mengenai pengkoneksian jalur ini masih terus dibahas oleh pemerintah baik Pemkab maupun Pemda DIY.

“Kalau Ngalang-Tawang akan selesai di 2023 dan JJLS selesai di 2024,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler