fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Anggaran Ratusan Miliar, Pembangunan Pelabuhan Gesing Dimulai Tahun Ini

Diterbitkan

pada

Panggang,(pidjar.com)–Pembangunan pelabuhan Pantai Gesing akan dimulai pada tahun 2022 ini. Anggaran sebesar ratusan miliar telah dipersiapkan oleh Pemda DIY untuk megaproyek tersebut.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Bappeda Gunungkidul, Muhammad Fajar Nugroho, mengatakan, setelah melalui proses pemberkasan yang cukup panjang hingga dilakukan pembebasan lahan puluhan ribu meter lahan di kawasan Pantai Gesing, akhirnya diputuskan proses pembangunan akan dimulai tahun ini. Dalam penggarapannya sendiri terbagi menjadi 3 tahapan atau 3 tahun anggaran.

“Pembangunan atau realisasi fisik akan dimulai tahun ini,” papar M. Fajar Nugroho, Rabu (06/04/2022).

Menurutnya anggaran senilai 161,4 miliar rupiah ini akan digunakan untuk penyediaan layanan dasar pelabuhan perikananan tersebut. Mulai dari pembangunan dermaga, kolam dan beberapa infrastruktur yang dibutuhkan. Kemudian pada tahap II, Pemda DIY akan menggelontorkan anggaran sebesar 118,3 miliar rupiah untuk program penumbuhan ekonomi jejaring. Dan di tahap III akan digelontor anggaran sebesar Rp 915,2 juta untuk program penumbuhan ekonomi industri.

“Komunikasi antara Pemda DIY dengan Pemkab Gunungkidul untuk proyek pembangunan ini cukup intensif. Terlebih saat ini sudah akan masuk pada realisasi fisiknya,” jelas dia.

Sesuai dengan masterplan yang ada, pembangunan Pelabuhan Pantai Gesing ini mengusung tema tourism fishing port dan wisata bahari pelabuhan perikanan. Namun begitu, ia menjamin, kendati ada bangunan anyar berupa pelabuhan namun tetap tidak merusak ciri khas Pantai Gesing beserta spot wisatanya.

Adanya pembangunan pelabuhan tersebut diharapkan meningkatkan jumlah tangkapan ikan dari perairan Gunungkidul. Namun juga selain itu dapat meningkatkan berbagai sektor lainnya yang memudahkan nelayan dan pengunjung. Termasuk mengasah kemampuan warga pesisir untuk lebih kreatif mengolah ikan dan memajukan sektor perikanan Gunungkidul.

Berita Lainnya  Sensus Penduduk Online, Tingkat Partisipasi Masyarakat Gunungkidul 121% Dari Target

“Harapannya Gesing menjadi pelabuhan yang mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi wilayah melalui optimalisasi sumber daya kelautan dan Gunungkidul pada khususnya, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan dan masyarakat sekitar,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler