fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Anggaran Terbatas, Pemerintah Belum Bisa Pasang CCTV di Pasar Playen

Published

on

Playen,(pidjar.com)-Pedagang di Pasar Playen di Kalurahan Ngawu, Kapanewon Playen belum memiliki fasilitas keamanan seperti misalnya keberadaan CCTV. Di samping itu, selama ini hanya ada satu petugas keamanan yang memberikan pengawasan terhadap pasar rakyat yang terletak di jantung Kapanewon Playen ini.

Pengelola Pasar Ngawu Playen, Isnani Suindarti mengatakan, terkait dengan keamanan saat ini baru ada satu petugas yang mengawasi kondisi pasar. Hal ini menurutnya masih kurang mengingat luas pasar serta jumlah pedagang yang cukup banyak.

Menanggapi hal tersebut pihaknya telah meminta pengajuan tambahan personil maupun pemasangan CCTV. Namun demikian belum bisa terealisasi karena pandemi.

“Memang tidak bisa mengcover  seluruh kondisi pasar ya, luas pasar ini 1.700 meter persegi kalau dibilang keteteran ya memang keteteran,” jelas Suindarti, Jumat (09/10/2020).

Guna mensiasati kekurangan personil keamanan serta belum terpasangnya CCTV, pihaknya memilih menggandeng paguyuban pedagang pasar untuk mengamankan pasar. Untungnya, tindakan kriminalitas sama sekali belum pernah terjadi.

“Total ada 481 pedagang, mereka menempati 80 kios dan 30 los di pasar ini. Disini (pasar) kita saling menjaga dan syukur tidak ada kriminalitas,” imbuh dia.

Ia mengatakan bahwa kesepakatan tersebut merupakan inisiatif para pedagang sendiri. Seolah mereka berbagi tugas dengan petugas pasar untuk menjaga keamanan lingkungan pasar.

“Meskipun kondusif harapan kami CCTV ini harus segera terealisasi karena bisa membuat keamanan kami terjamin,” kata Suindarti.

Terpisah, Sekretaris Disperindag Gunungkidul, Virgilio Soriano mengatakan, pemasangan CCTV ini sudah terencana. Namun karena pandemi ini pemasangan urung dilaksanakan.

“Kemampuan anggaran kami terbatas sehingga realisasi CCTV di pasar harus melalui berbagai pertimbangan, tapi tetap akan kami optimalkan untuk pasar yang buka setiap hari,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler