fbpx
Connect with us

Peristiwa

Angin Kencang Berujung Bencana, 2 Rumah Warga Ringsek Tertimpa Pohon Tumbang

Diterbitkan

pada

BDG

Paliyan,(pidjar.com)–Hujan deras dan angin kencang yang terjadi sepanjang Sabtu (20/01/2018) dinihari hingga pagi hari ini memicu bencana di sejumlah wilayah di Kabupaten Gunungkidul. Akibatnya, tercatat dua rumah milik warga di dua wilayah berbeda yang rusak setelah tertimpa pohon.

Peristiwa pertama terjadi di Padukuhan Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan. Sebuah pohon dengan diameter 80 cm dan tinggi 20 meter tumbang menimpa rumah milik Wastono (50). Tumbangnya pohon itu diketahui sekitar pukul 03.00 WIB. 

"Rumah itu dihuni 5 orang. Saat kejadian mereka sedang tertidur dan baru bangun ketika mendengar suara keras seperti benda jatuh. Kemudian setelah diperiksa ternyata genting sebagian rumahnya hancur tertimpa pohon," ujar Kapolsek Paliyan, AKP Catur Widodo, Sabtu siang.

Berita Lainnya  Sopir Ngantuk, Mobil Berisi Rombongan Wisatawan Terjun ke Ladang Sedalam 5 Meter

Dikatakan Catur, pohon itu diduga tumbang lantaran angin kencang yang menerjang wilayah Kecamatan Paliyan pada Jumat hingga Sabtu malam tadi. Saat ini pihaknya dibantu masyarakat dan tokoh setempat sedang berupaya melakukan evakuasi batang pohon.

"Sejumlah anggota kami turunkan untuk melakukan evakuasi. Tidak ada korban jiwa namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 2 juta," imbuh dia.

Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga Juga Terjadi di Purwosari

Tidak hanya di Kecamatan Paliyan, hujan deras disertai angin kencang juga mengakibatkan sebatang pohon Jati Kebon (Jabon) tumbang dan menimpa rumah Darno, warga Padukuhan Klampok, Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari, 

Informasi yang dihimpun dari Bhabinkamtibmas Desa Giripurwo, Polsek Purwosari, Brigadir Chorniawan. Pohon berjenis Jabon (Jati Kebon) yang berukuran sedang itu menimpa rumah warga pada Sabtu pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB.

Berita Lainnya  Melintas di Jalur Ekstrim, Mobil Elf Terperosok dan Terbalik, Belasan Penumpang Luka-luka

Sama seperti pada kejadian di Kecamatan Paliyan, diduga pohon Jabon tersebut tak kuat menahan hempasan angin kencang yang datang bersamaan pada terjadinya hujan deras..

"Meskipun tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut, namun genting teras hancur tertimpa pohon. Kini Petugas Polsek Purwosari dibantu warga setempat melakukan kerja bakti di lokasi kejadian," papar anggota Humas Polsek Purwosari, Brigadir Chrismawan.

Atas kejadian tersebut, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati. Sebab potensi pohon tumbang, longsor, batuan runtuh dan sebagainya di masa musim penghujan ini masih sangat besar.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler