fbpx
Connect with us

Peristiwa

Angin Kencang Porak Porandakan Semanu, Sejumlah Rumah Rusak Tertimpa Pohon

Published

on

Semanu,(pidjar.com)–Sedikitnya empat lokasi terdampak bencana alam berupa angin kencang disertai hujan deras di Kapanewon, Selasa (02/03/2021). Sejumlah rumah mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon jati yang tumbang.

Kepala Badan Pelaksana Bencana Daerah Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, hujan cukup deras terjadi di Kapanewo Semanu siang ini. Hal itu pun menyebabkan sejumlah bencana alam yang menyebabkan kerugian bagi warga. Salah satunya ialah rusaknya garasi rumah milik Endro Kasiyo (40) warga Kuwon Tengah, Pacarejo, Semanu.

“Ada tiga pohon jati yang tumbang tak jauh dari rumahnya. Atap garasi rusak parah, beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, TRC tadi langsung ke lokasi untuk melakukan evakuasi, kerugian mencapai Rp 15 juta,” kata Edy, Selasa malam.

Tak jauh dari rumah Endro, tepatnya di Padukuhan Kranggan (05/11), Ngeposari Semanu juga terjadi hal serupa. Sebatang pohon jati menimpa atap teras rumah milik Noto Suwito, beruntung tidak ada korban dalam kejadian sore tadi.

“Warga bersama TRC melakukan perbaikan, kerugian sekitar Rp 800 ribu,” ujar Edy.

Peristiwa selanjutnya terjadi di Jasem Lor (04/16), Pacarejo, Semanu. Kandang ternak milik Suratno (53) rusak di bagian atap karena tertimpa pohon jati.

“Kemudian di Padukuhan Wareng (01/20), Semanu sebatang pohon jati berdiameter 90centimeter menimpa dapur milik Tupan, atapnya rusak kerugian sekitar Rp. 500ribu,” kata Edy.

Berkaitan dengan rentetan kejadian siang ini di Kapanewon Semanu, Edy mengimbau masyarakat waspada dengan cuaca ekstrim. Ia meminta masyarakat untuk melakukan pemangkasan pohon secara mandiri.

“Jika alat kurang memadai kami siap membantu,” pungkas Edy.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler