fbpx
Connect with us

Pendidikan

ASPD untuk Sekolah Dasar Dilaksanakan Akhir Mei, Dinas Pastikan Sarana Memadai

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul tengah menyiapkan Asesmen Stabdar Penilaian Daerah (ASPD) untuk jenjang Sekolah Dasar. Tak berbeda dengan ASPBD jenjang SMP, pelaksaam untuk SD juga dilaksanakan dengan sistem berbasis komputer di sekolah.

Kepala Bidang SD Disdikpora Gunungkidul, Sumarto mengatakan ASPD SD akan dilaksanakan pada 14 hingga 28 Mei. Adapun mata pelajaran yang akan diujikan ialah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA.

“Seperti jenjang SMP, ASPD bukan patokan kelulusan namun menjadi syarat peserta didik untuk meneruskan jenjang SMP,” kata Sumarto, Kamis (15/04/2021).

Sumarto menjelaskan, menjelang ASPD ini, SD di Gunungkidul sudah melaksanakan pertemuan terbatas. Menurutnya ada yang seminggu sekali hingga dua kali.

“Wujudnya konsultatif, jadi peserta didik di jenjang kelas 6 SD bisa menanyakan kepada guru jika ada materi yang belum dipahami,” tutur dia.

Untuk menjamin pelaksanaannya karena menggunakan sistem online dengan ujicoba tryout dua kali. Pada Bulan Januari dan Maret.

“Selama tryout juga tidak ada kendala seperti jaringan,” terangnya.

Menurutnya dari sisi prasarana seluruh SD di Gunungkidul sudah memiliki komputer dan juga akses internet. Tak hanya itu, untuk menjamin tidak ada penulaean covid19 sekolah juga sudah memiliki sarana penunjang kepatuhan protokol kesehatan.

“Nanti pelaksanannya dengan sistem per sesi, bisa maksimal 10 anak di setiap sesinya agar tidak ada kerumunan,” pungkas Sumarto.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler