fbpx
Connect with us

Pendidikan

UNBK Dibatalkan, Kelulusan Siswa Ditentukan Sekolah

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem memutuskan meniadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di semua jenjang, seluruh sekolah di Gunungkidul dipastikan juga tidak mengadakan UNBK sebagai syarat kelulusan. Pembatalan ini sendiri dilakukan sebagai respon darurat atas pandemi Covid19 yang tengah terjadi. Dengan demikian, keputusan kelulusan siswa nantinya sepenuhnya diambil alih oleh sekolah.

Kepala Pendidikan Menengah Kabupaten Gunungkidul, Sangkin mengatakan, pihaknya telah menerima Surat Edaran dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY. UNBK SMA yang harusnya digelar pada 30 Maret 2020 lalu, diputuskan untuk ditiadakan.

“Untuk penentuan kelulusan nanti dirapatkan oleh dewan guru, jadi sepenuhnya yang menentukan ialah sekolah,” jelas Sangkin kepada pidjar.com, Rabu (01/04/2020).

Namun demikian, Sangkin mengaku pihaknya belum menerima petunjuk teknis yang berkaitan dengan penentuan kelulusan. Pihaknya hingga kini masih menunggu juknis tersebut.

“Belum tahu apa saja nanti komponen sebagai penentuan kelulusan,” imbuh dia.

Senada dengan Sangkin, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Bahron Rasyid turut mengikuti aturan tersebut. Pihaknya kini telah menerima Surat Edaran yang berkaitan dengan pembatalan pelaksanaan UNBK.

“Salah satu komponen penentuan kelulusan akumulasi nilai rapor,” jelasnya.

Nantinya, dewan guru di masing-masing sekolah akan mengadakan rapat untuk menentukan kelulusan. Hingga kini, Bahron mengaku pihaknya juga masih melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Terutama dengan sekolah dalam menentukan kelulusan siswa.

“Masih terus koordinasi,” kata Bahron.

Terpisah, Kepala SMAN 1 Playen, Aji Pramono mengaku masih menantikan regulasi lebih rinci dari Disdikpora DIY. Khususnya yang berkaitan dengan penentuan kelulusan pelajar kelas XII.

“Untuk pembatalan sudah kami infokan kepada seluruh siswa,” tandas Aji.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler