fbpx
Connect with us

Info Ringan

Bahaya Gula bagi Kulit, Picu Jerawat

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Mengonsumsi gula secara berlebih bisa merusak pertumbuhan produksi kolagen dan elastin. Gula dalam proses glycation bisa membuat kolagen dan elastin menjadi kering dan kehilangan kemampuannya untuk membantu kulit kencang dan elastis.

Menurut dr.Dyah Firstya selaku dokter dan pemilik klinik kecantikan Lajolie Aesthetic, selain skincare tepat, pola hidup itu juga sangat berpengaruh. Salah satunya ialah mengurangi gula. Banyaknya penelitian yang menyebutkan bahwa kalau misalkan kita rutin mengkonsumsi makanan atau minuman yang tinggi, gula itu bisa menimbulkan yang pertama bisa memicu timbulnya jerawat.

Karena bisa merangsang produksi sebum atau minyak di area kulit sehingga nanti produksinya meningkat terus bisa menyumbat pori pori. Peradangan akibat konsumsi gula berlebih juga bisa memperburuk masalah kulit yang umum, seperti jerawat.

dr.Dyah Firstya, dokter dan pemilik klinik kecantikan Lajolie Aesthetic

dr.Dyah Firstya, dokter dan pemilik klinik kecantikan Lajolie Aesthetic

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Pediatrics, melihat hubungan antara konsumsi minuman ringan sarat gula dan jerawat. Para peneliti menemukan bahwa kemungkinan jerawat parah hingga sedang secara signifikan lebih tinggi pada remaja yang mengonsumsi minuman ini setiap hari, daripada mereka yang tidak minum minuman manis. Risiko jerawat bahkan lebih tinggi ketika peserta mengonsumsi lebih dari 100 gram gula setiap hari.

“Kalau menyumbat pori pori, biasanya akan timbul peradangan yang memunculkan timbulnya jerawat. Selain itu, glukosa yang tinggi itu juga bisa menghambat produksi kolagen di kulit,”tambah Dyah.

Berita Lainnya  Ada Dua Penyakit Mematikan Bagi Wanita, Begini Antisipasinya

Selanjutnya menurut Dyah, apalagi produksi kolagen menurun, kulit menjadi tampak lebih tua.

“Akan timbul kerutan bahkan tampak lebih kusam. Kulit dengan kondisi tersebut akan lebih kendor akibat kolagennya berkurang. Dalam menentukan pola makan memang harus dijaga. Seperti  mengurangi makanan yang berlemak dan manis,”tandasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler