fbpx
Connect with us

Peristiwa

Batu Raksasa Longsor Timpa Jalan, Jalur Tegalrejo-Watugajah Lumpuh Total

Published

on

Gedangsari,(pidjar.com)–Wilayah Kabupaten Gunungkidul sejak Kamis (20/02/2020) malam diguyur hujan dengan intensitas cukup deras. Hal tersebut memicu terjadinya bencana alam di sejumlah wilayah. Seperti yang terjadi di wilayah Desa Watugajah, Kecamatan Gedangsari. Sebuah batu berukuran besar pada Jumat (21/02/2020) dini hari tadi longsor. Batu tersebut terjun dari perbukitan dan menutup akses jalan. Tak hanya itu, batu seukuran dengan mobil tersebut juga sempat menghantam tiang listrik hingga patah. Akibatnya, aliran listrik di sekitar lokasi kejadian padam.

Petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Kusmiyanto menceritakan, peristiwa longsornya batu besar itu terjadi sekitar pukul 00.30 WIB dini hari tadi. Hujan deras yang mengguyur wilayah Gedangsari sejak Kamis petang kemarin diduga menjadi penyebabnya. Gerusan air akhirnya membuat tanah di seputaran batu tersebut terkikis dan akhirnya memicu terjadinya longsor.

Berita Lainnya  Tak Turuti Peringatan Petugas, Wisatawan Tenggelam di Aliran Sungai Pantai Baron

“Dari kemarin hujan cukup deras, kemudian wilayah Gedangsari juga termasuk kawasan rawan longsor,” kata dia, Jumat pagi.

Ia menambahkan, akibat kejadian tersebut ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Tegalrejo dengan Watugajah tertutup. Batu tersebut memang menutup hampir seluruh jalur jalan yang ada. Selain itu, longsoran batu besar juga mematahkan tiang listrik dan memutus kabel jaringan listrik.

“Kendaraan tidak bisa melintas baik roda dua maupun roda empat. Listrik juga mati karena kabel terputus,” ucap dia.

Disinggung mengenai korban jiwa, ia mengatakan bahwa dalam kejadian tersebut tidak ada warga yang menjadi korban. Peristiwa terjadi pada tengah malam membuat saat itu tidak ada warga yang melintasi jalan tersebut. Pagi ini, pihak BPBD, warga, serta relawan melakukan kerjabakti untuk menyingkirkan batu tersebut.

Berita Lainnya  Makan Siang Nasi Box, Perangkat Desa Dengok Keracunan Massal

“Dari PLN unit gangguan juga kabarnya mau melakukan penanganan pagi ini,” terang dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler