fbpx
Connect with us

Pendidikan

Beasiswa Gunungkidul Cerdas Untuk Ribuan Siswa SD dan SMP

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pendidikan menjadi salah satu hal yang terpenting di suatu daerah. Untuk mendukung kualitas dan kuantitas pendidikan serta memberi semangat bagi para pelajar, Pemkab Gunungkidul menggelontorkan anggaran untuk pemberian bantuan beasiswa melalui program Gunungkidul Cerdas. Adapun ribuan pelajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) mendapatkan bantuan ini.

Plt Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Kisworo mengungkapkan, belum lama ini Pemkab Gunungkidul memberikan bantuan beasiswa melalui program Gunungkidul Cerdas kepada 1.016 pelajar. Adapun rinciannya adalah, 800 untuk siswa SD dan 216 untuk siswa SMP.

“Datanya merupakan usulan dari sekolah masing-masing. Diambil dari siswa berpestasi dan siswa yang masuk kategori kurang mampu,” ucap Kisworo, Senin (08/11/2021).

Tentunya usulan-usulan dari sekolah ini dilakukan verifikasi dan pencermatan terlebih dahulu dari pihak dinas. Kemudian baru dilakukan penetapan jika sekiranya daftar yang diajukan memenuhi kriteria yang ada. Ia mengungkapkan besaran beasiswa yang diberikan adalah Rp 500.000 yang ditransfer melalui rekening Bank Daerah Gunungkidul (BDG).

“Kita yang menetapkan, untuk penyalurannya sudah dilakukan beberapa waktu lalu,” papar dia, Senin (08/11/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Selain memberikan fasilitas sarana prasarana yang memadai di lingkup sekolah. Pemerintah juga berupaya memberikan dorongan yang kuat agar tidak ada siswa kurang mampu yang putus sekolah karena biaya. Program Gunungkidul Cerdas ini menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah.

Dengan diberikannya beasiswa Gunungkidul Cerdas, diharapkan bisa meringankan biaya pendidikan yang harus ditanggung oleh para orang tua. Di samping itu, juga untuk meningkatkan kembali semangat sekolah para siswa.

Bupati Sunaryanta berharap, bantuan beasiswa pendidikan senantiasa bermanfaat dan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan dan keperluan sekolah.

“Untuk keperluan sekolah, apa lagi sekarang ini diterapkan sistem pembelajaran daring dan luring,” ucapnya.

Bupati yakin ke depan, dengan derajat pendidikan yang baik mampu mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan siap menjadi pemimpin di Gunungkidul. Program bantuan seperti beasiswa dan lainya ini merupakan bentuk perhatian pemerintah baik daerah maupun pusat untuk membangun dan mewujudkan SDM berkualitas.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler