fbpx
Connect with us

Pendidikan

Temuan Praktik Pindah KK Dalam PPDB SMP Negeri di Wonosari

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023/2024 telah selesai. Sejak pekan lalu, para peserta didik telah mengikuti masa orientasi atau pengenalan lingkungan sekolah baru. Meski semuanya berjalan dengan lancar, namun Ombudsman RI DIY mendapati sejumlah laporan adanya praktik PPBD yang dirasa janggal.

Misalnya saja adalah praktik pindah KK atau numpang KK di keluarga tertentu yang rumahnya dekat dengan sekolah yang dituju. Laporan-laporan tersebut kemudian ditindak lanjuti dengan pendalaman data dan informasi. ORI sendirj mendapati laporan ada salah satu SMP Negeri di Wonosari yang siswa barunya terkonfirmasi numpang di 3 KK dengan status family lain.

Menindaklanjuti hal tersebut, ORI terus melakukan pendalaman data rencananya pada Kamis (20/07/2023) mendatang, perwakilan dari lembaga ini akan mengecek ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dsdukcapil) Gunhngkidul guna mengetahui secara pasti sejak kapan para siswa ini ditumpangkan ke KK orang lain.

Berita Lainnya  Persiapan ASPD, Puluhan Sekolah Mulai Lakukan Pembelajaran Tatap Muka

“Hasil penelusuran kami ada 3 pelajar yang menggunakan praktik pindah KK atau ditumpangkan ke KK orang lain. Kamis besok kami akan ke Disdukcapil,” ucap Ketua ORI DIY, Budhi Masturi, Selasa (18/07/2023) saat dikonfirmasi.

Hasil penelusuran yang dilakukan ini juga menyebutkan bahwa para pelajar ini sebelum masuk ke jenjang SMP tercatat sebagai siswa di salah satu Sekolah Dasar (SD) swasta di Wonosari.

“Kami dalami terus berkaitan dengan hal ini,” jelas dia.

Di beberapa daerah, praktik pindah KK ditemukan pada saat menjelang PPDB. Hal ini dimaksudkan agar calon siswa ini masuk pada jalur zonasi. Sehingga biasanya dititipkan ke KK kerabat atau orang terdekat keluarga mereka.

Berita Lainnya  Mulai Senin, Sekolah di Gunungkidul Mulai Terapkan PTM 100%

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul, Nunuk Setyowati mengatakan, berkaitan dengan pelaksanaan PPDB kemarin tidak ada temuan-temuan berkaitan dengan kecurangan dan lain sebagainya. Disinggung mengenai fenomena pindah KK ia menyebutkan jika hal tersebut merupakan ranah dari Dukcapil.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler