fbpx
Connect with us

Sosial

Beda Hitungan Kalender, Jamaah Masjid Aolia Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Diterbitkan

pada

Panggang,(pidjar.com)– Jamaah masjid Aolia di Kapanewon Panggang, menggelar perayaan Idul Fitri pada hari ini, Minggu (01/05/2022). Adapun perayaan ini berdasarkan hitungan kalender mereka yang menetapkan 1 Syawal pada tanggal 1 Mei 2022. Hal tersebut juga berdasarkan hitungan kalender mereka yang juga menetapkan awal bulan Ramadhan berbeda satu hari, sehingga perayaan idul Fitri juga berbeda satu hari.

Pengasuh Jamaah Masjid Aolia, Raden Ibnu Hajar Sholeh mengatakan, keputusan perayaan hari raya ini berdasarkan hitungan kalender mereka. Di mana awal Ramadhan yang jatuh lebih awal dulu sehingga perayaan Idul Fitri jatuh pada hari ini. Adapun perayaan ini mendapatkan sambutan positif dari para jemaah meski berbeda dengan ketetapan pemerintah maupun yang lainnya.

Berita Lainnya  Jenguk Warga Sakit di Sela-Sela Kampanye, Martanty : Politik Sejatinya untuk Kemanusiaan

“Kami merasa senang dapat merayakan Idul Fitri di kampung halaman setelah 2 tahun pengetatan karena pandemi Covid-19,” kata Raden Ibnu.

Raden Ibnu mengungkapkan, ratusan jemaah mendatangi kompleks Masjid Aolia pada Minggu pagi tadi untuk melaksanakan sholat Idul Fitri. Adapun dalam pelaksanaan sholat idul Fitri kali ini, dibagi menjadi beberapa kelompok. Hal ini dilakukan guna menghindari kerumunan dalam jumlah banyak.

“Khusus jamaah masjid Aolia dibagi menjadi 5 masjid,” imbuhnya.

Setelah melaksanakan sholat, para jemaah menggelar halal bihalal sebagai wujud permohonan maaf antar jamaah. Kemudian jamaah pulang kerumah masing-masing untuk melakukan kegiatan lebaran bersama keluarga.

“Pelaksanaan sholat idul Fitri berjalan sangat khidmat, kami berharap ke depannya perayaan idul Fitri bisa lebih kompak,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler