fbpx
Connect with us

Sosial

Begini Program PKS Pecahkan Masalah Sosial di Gunungkidul

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Partai Keadilan Sejahtera saat ini cukup prihatin dengan kondisi masalah sosial yang ada di Gunungkidul seperti angka perceraian, pernikahan dini hingga gantung diri yang tinggi. PKS sendiri merancang program Rumah Keluarga Indonesia untuk turut serta mendukung program Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam menekan permasalahan tersebut.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah PKS Gunungkidul Tri Iwan Isbumuryani mengatakan, di internal PKS sendiri memiliki bidang pemberdayaan dan ketahanan keluarga yang mempunyai program unggulan Rumah Keluarga Indonesia. Harapannya, RKI ini menjadi pusat kegiatan kewanitaan seperti pelatihan, peningkatan kapasitas dan konsultasi ketahanan keluarga.

“Kita cukup miris dengan fenomena perceraian, pernikahan dini hingga gantung diri tinggi merupakan potret kurang pahaman masyarakat terhadap pentingnya ketahanan keluarga,” kata Iwan, Minggu (18/04/2021).

Dikatakan Iwan, RKI sendiri diharapkan mampu menyentuh akar permasalahan di tengah masyarakat. Program ini akan diimplementasikan di tingkat kalurahan.

“Kami memiliki kader-kader di keluarahan yang nanti akan mendampingi perempuan dan keluarga mereka. Tentu saja program kami akan sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Gunungkidul,” jelas Iwan.

Iwan menerangkan, kaderl PKS di bidang pemberdayaan dan ketahanan keluarga ini akan menjadi konsultan permasalahan sosial. Masyarakat secara cuma-cuma bisa meminta bantuan kader jika menemui permasalahan yang ada pada keluarga.

“Kita akan mengkampanyekan ketahanan keluarga, dimana baik suami, istri dan anak harus memprioritaskan keluarga dibanding dengan hal lainnya upaya ini bisa menjadikan keluarga lebih kuat,” papar dia.

Jika nanti ditemui masalah di tengah masyarakat, kadernya akan proaktif menawarkan konsultasi kepada mereka yang memang di bawah tekanan. Menurutnya, permasalahan sosial terjadi karena kurang paham mengenai porsi keluarga.

“Keluarga bukan soal lingkup pribadi, padahal keluarga adalah komponen paling penting di masyarakat,” jelas Iwan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS, Agus Mas’udi menerangkan program RKI ini menjadi bentuk dukungan PKS terhadap Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. PKS sendiri memilih untuk menjadi pendukung program Bupati terpilih, Sunaryanta dalam mengambil kebijakan.

“Tentu saja kebijakan yang pro rakyat, kalau melenceng ya kita ingatkan,” pungkas Agus.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler