fbpx
Connect with us

Sosial

Pariwisata Gunungkidul Terus Bergeliat, Sri Purnomo Gerakkan UMKM Lokal Untuk Berkembang

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)–Kabupaten Gunungkidul saat ini merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal tersebut terbukti dari tingkat kunjungan wisatawan di Bumi Handayani yang mencapai sekitar 2,8 juta dalam setahunnya. Dengan kondisi ini tentunya perlu diimbangi oleh masyarakat agar kegiatan pariwisata juga menggeliatkan perekonomian masyarakat luas.

Tren kunjungan wisatawan yang terus meningkat, diharapkan diimbangi oleh masyarakat dengan ide-ide kreatif dan inovatif di bidang UMKM. Jika bidang tersebut juga ikut bergeliat tentunya menjadi modal bagus untuk peningkatan perekonomian bagi pelaku usaha kecil dan menengah dan terjadi pemerataan ekonomi

“(Peningkatan kunjungan wisata) ini modal bagus buat sektor UMKM. Dengan adanya daya tarik wisata, secara langsung dan tidak langsung pelaku UMKM akan merasakan manfaatnya jika diarahkan dengan baik,” terang Sri Purnomo, Caleg DPR RI Dapil DIYdari Partai Amanat Nasional, Rabu (03/01/2024).

Berita Lainnya  Segera Mulai Dibangun, Rumah Baru Untuk Puluhan Korban Siklon Cempaka Rampung Desember

Sri Purnomo yang juga sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman mengaku siap membantu pengembangan UMKM di wilayah Gunungkidul. Pasalnya, potensi UMKM Gunungkidul telah memiliki jalan lebar untuk mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Jalan lebarnya adalah lewat pariwisata. Saat pariwisata ini sudah menjadi primadona, akan sangat mudah menempatkan produk-produk UMKM untuk ikut laris juga. Fokusnya adalah memastikan packaging itu menarik dan variasi produknya lebih banyak,” terang mantan Bupati Sleman tersebut.

Menurutnya, selain memanfaatkan lewat sektor pariwisata, pendampingan dan fasilitasi pelaku UMKM oleh pemerintah tentu menjadi tugas tersendiri yang mesti dilakukan secara konsisten. Hal itu, guna memastikan terwujudnya UMKM yang mandiri, dan berinovasi dengan segala kelengkapan legalitasnya.

Berita Lainnya  Digelar di Balai Padukuhan, Wayangan Ruwatan Pasca Kejadian Gantung Diri Dibubarkan Polisi

“Ya tentu harus ada pemberdayaan berkesinambungan, promote, protect dan advance, difasilitasi legalitasnya, didampingi serta diberikan teladan,” pungkas Sri Purnomo.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler