fbpx
Connect with us

Hukum

Belasan Anak Didik LPKA Wonosari Dapat Remisi Hari Anak

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM memberikan remisi kepada anak didik atau narapidana yang saat ini menjalani masa hukuman di Lembaga Permasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Wonosari. Sebanyak 12 anak didik di lembaga ini mendapatkan remisi dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional.

Kepala LPKA Klas IIB Wonosari, Teguh Suroso menuturkan, ada 12 anak didik yang mendapatkan remisi pada peringatan hari Anak tahun 2021 ini. Adapun yang mendapatkan remisi sendiri terdiri dari 7 anak didik yang saat ini masih menjalani masa kurungan di LPKA Wonosari dan 5 orang menjalani asimilasi di rumah.

Menurut dia, mereka yang mendapatkan remisi ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Mulai dari berkelakuan baik dan sudah melebih waktu kurungan untuk diajukan remisi.

“Untuk remisi yang diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM yaitu 1 bulan potongan masa kurungan,” papar Teguh Suroso, Jumat (23/07/2021).

Adapun saat ini di LPKA Wonosari menampung 25 anak didik yang tersandung berbagai macam kasus. Diakui oleh Teguh, sebagian besar dari anak didik yang ada saat ini merupakan narapidana kasus perkelahian. Ia berharap dengan pendampingan yang diberikan selama ini, para anak didik ini bisa memperbaiki kelakuannya di masa yang akan datang.

“Mayoritas dari mereka terjerat kasus perkelahian,” imbuh dia.

Remisi semacam ini selalu diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM dalam hari besar tertentu. Seperti Hari Raya Keagamaan, Peringatan Hari Nasional dan lainnya.

Di tengah pandemi seperti ini, protokol kesehatan dalam kegiatan di dalam LPKA tetap diberlakukan. Pun demikian pengecekan kesehatan hingga barang bawaan juga dilakukan secara berkala. Besukan dari keluarga dilakukan pembatasan guna mengantisipasi penyebaran covid19 di lingkungan lembaga permasyarakatan.

“Untuk tahanan atau anak didik yang baru masuk tetap kita lakukan pengecekan kondisinya,” paparnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler