fbpx
Connect with us

Peristiwa

Belasan Wisatawan Pantai Selatan Tersengat Ubur-ubur

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Serangan ubur-ubur beracun atau impes masih tetjadi di pantai selatan Gunungkidul. Belasan pengunjung pun bertumbangan dengan berbagai keluhan karena tersengat hewan laut tersebut. Beruntung dari belasan kejadian ini, tidak ada korban yang sampai dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan.

Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron, Surisdiyanti mengatakan beberapa pantai seperti Kukup, Sepanjang, Drini dan lainnya sejak muncul impes di pinggiran pantai. Petugas SAR pun telah berupaya untuk membersihkan, namun memang masih ada yang bermunculan.

Bentuknya yang unik dan warnanya yang menarik menjadikan wisatawan yang belum pernah melihat hewan ini penasaran. Sehingga pengunjung ada yang tidak waspada bila hewan tersebut beracun.

Berita Lainnya  Proyek Pengadaan Urug Tidak Dibayar, Puluhan Supir Truk Gruduk Balai Getas

“Ada 14 yang tersengat impes dan kemudian kami lakukan penanganan,” ucap Surisdiyanto.

Ia menjelaskan ada beragam efek yang dirasakan oleh para korban sengatan impes ini diantaranya gatal dan panas serta memerah pada bagian tubuh yang tersengat. Selain itu, bisa juga menyebabkan sesak nafas jika tidak kuat menahannya.

“Bersyukur setelah kami lakukan penanganan pertama kondisi korban impes mulai membaik sehingga tidak ada yang dilarikan ke rumah sakit,”imbuh dia.

Sementara itu, Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron, Marjono mengatakan, petugas di lapangan terus memberikan himbauan kepada para pengunjung agar lebih berhati-hati saat bermain di pinggir pantsi. Bila melihat hewan berwarna biru transparan ini, lebih baik dihindari dan tidak dipegang karena sengatannya beracun.

Berita Lainnya  Gempa 5,3 SR Guncang Gunungkidul, Plafon Rumah Sujiyo Ambrol

“Himbauan tetap selalu diberikan. Untum penanganan pertama kami disiapkan obat-obatan dan keperluan penanganan lain,”tutup Marjono.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler