fbpx
Connect with us

Sosial

Bentuk Tim Tanggap Bencana, Kodim 0730 Gandeng Komunitas

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Jajaran Kodim 0730 Gunungkidul menggandeng sejumlah komunitas untuk antisipasi dampak fenomena La Nina yang diprediksi akan berdampak hingga akhir tahun ini. Nantinya tim tersebut akan turut serta dalam proses evakuasi hingga penyaluran bantuan bilamana bencana alam menyebabkan kerusakan dan merugikan masyarakat.

Komandan Kodim 0730, Letkol Inf Noppy Laksana Armiyanto mengatakan, adapun komunitas yang terlibat ialah, komunitas trail, mobil off road, ormas Pemuda Pancasila dan beberapa organisasi lainnya. Kendati demikian, pihaknya belum bisa menjelaskan secara rinci berapa jumlah relawan yang tergabung dalam tim tersebut.

“Besok Jumat kita, bersama Polres dan komunitas serta ormas akan melaksanakan kegiatan apel bersama kesiapsiagaan bencana dan mengkoordinir kelompok-kelompok yang terlibat” ucap Noppy, Selasa (17/11/2020).

Ia menjelaskan, sebagaimana diketahui bahwa La Nina memberikan dampak cukup besar di sejumlah wilayah beberapa waktu lalu. Untuk itu, tim ini nantinya akan dikoordinir untuk tanggap kebencanaan. Sehingga komunitas ini akan banyak dalam aksi sosial kemasyarakatan ditengah ancaman bencana La Nina.

“Kita akan bergerak menangani dampak kebencanaan, tapi kita berharap tidak ada bencana alam di Gunungkidul. Semoga tetap aman,” terang dia.

Sementara itu, Eko Suharso, perwakilan dari Pegunungan Trail Community (PTC) menuturkan bahwa tujuan dibentuknya tim tersebut diharapkan dapat membantu Badan Penganggulangan Bencara Daerah (BPBD) jika terjadi peristiwa bencana alam berskala kecil maupun besar.

Berita Lainnya  Banyak Kendala, Wali Murid Tuding Dinas Kurang Persiapan Hadapi PPDB SMP

Seperti apabila terjadi bencana yang menyebabkan pohon tumbang maka kelompok mobil offroad dapat membantu mengkondisikan batang pohon yang berukuran besar. Sedangkan untuk kelompok motor trail dapat membantu berupa transportasi menyalurkan bantuan logistik ke daerah-daerah yang sulit dijangkau.

“Mobil offroad dan motor trail punya fungsi masing-masing. mereka juga punya tenda barangkali besok ada warga sleman yang ingin mengunsi ke gunungkidul bisa kita siapkan tempat evakuasi sementara” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa setelah acara tersebut digelar, akan dilanjutkan dengan pembentukan struktur organisasi yang akan diketuai oleh Letkol Inf Noppy Laksana Armiyanto langsung. Dengan harapan agar tim tersebut dapat menjadi organisasi resmi dan berkelanjutan untuk memberikan bantuan-bantuan selanjutnya.

“Kemarin Pak Noppy berpesan untuk selalu aktif berkegiatan dan bisa diresmikan. Jadi walaupun nanti komandan kodimnya ganti, organisasi tetap berjalan” ujar Eko.

Eko menegaskan bahwa kegiatan awal dari tim tersbut akan berfokus ke pembentukan pengurus dan persiapan kelengkapan alat bantu seperti pelampung, perahu, kendaraan, dan logistik. Untuk sementara ini belum ada agenda kegiatan tim untuk melakukan pembersihan sungai maupun penebangan pohon.

Berita Lainnya  Jumlah Produksi Minim, Gunungkidul Masih Andalkan Kedelai Impor

“Untuk logistik kita berasal dari iuran anggota sendiri, kalau ada tambahan dari kodim ya kita terima” tutup Eko. (DINA KAMILA)

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler