fbpx
Connect with us

Politik

Sosialisasi Empat Pilar, Gandung Pardiman : Pancasila Kekuatan Sejati Bangsa

Diterbitkan

pada

BDG

Ponjong,(pidjar.com)–Meski menuai desakan, Pancasila sebagai dasar negara bangsa ini sudah final. Sehingga tidak bisa digantikan lagi dengan trisila maupun ekasila. Hal tersebut diungkapkan Gandung Pardiman anggota Komisi VII DPR RI saat melaksanakan sosialisasi 4 Pilar MPR RI tentang Pancasila, Undang-undang Dasar RI Tahun 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, di gedung pertemuan Gandung Pardiman Center (GPC) Kapanewon Ponjong, Gunungkidul, Selasa (17/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Gandung menjelaskan lebih lanjut bahwa Pancasila merupakan sesuatu yang utuh. Sehingga sudah tidak bisa lagi diperas. Ia juga menyayangkan adanya kelompok-kelompok yang berusaha mengganti pancasila dengan berbagai cara.

Ia juga menjelaskan bahwa Pancasila merupakan kekuatan sejati bangsa Indonesia ini untuk tetap bersatu ditengah keberagaman yang ada.

Berita Lainnya  Kejadian Sapi Mati Mendadak Melebar ke Kecamatan Tepus dan Rongkop, 2 Sapi Terbujur Kaku di Kandang

Dengan Pancasila, UUD 45 dan semangat bhineka tunggal ika ini menjadi modal kuat menjaga NKRI,” terang dia.

Dari segi sejarah, Pancasila telah dirumuskan oleh orang-orang agung yang berasal kaum nasionalis dan islamis dalam upaya mempersatukan bangsa yang besar ini. Sehingga pihak berpolemik sekarang, baik yang mendukung maupun yang menolak, sama-sama harus dapat menahan diri.

Jika sepakat Pancasila sebagai dasar negara, maka harus dijunjung tinggi dan semua pihak bisa menahan diri dari upaya untuk mengubahnya,” tandas dia.

Lebih lanjut Gandung mengatakan, generasi muda ini harus paham betul makna Pancasila bukan hanya diucapkan namun benar-benar merasuk di dalam jiwa menjadi sebuah semangat. Keberanian untuk melawan pihak-pihak yang berusama mengubah Pancasila haruslah tumbuh.

Berita Lainnya  Jejak Gunungkidul Sebagai Lokasi Syuting, Dari Film Terlaris Hingga Hollywood

Melawan bukan dengan berperang, menahan diri dan menyebarkan semangat Pancasila semangat Bhineka Tunggal Ika ini sangat penting bagi para generasi penerus bangsa,” pungkas dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler