fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Bersyukur, Ratusan Pelajar SD Kurang Mampu Terima Bantuan dari Dinas

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Sebanyak 800 siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Gunungkidul mendapatkan beasiswa program Gunungkidul Cerdas dari Pemerintah Kabupaten. Masing-masing pelajar ini mendapatkan bantuan berupa uang sebesar Rp 500 ribu untuk satu tahun. Diharapkan dapat digunakan sebaik mungkin untuk keperluan pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul, Nunuk Setyowati mengungkapkan, pemberian bantuan ini dimaksudkan untuk menunjang kegiatan belajar para pelajar di Kabupaten Gunungkidul. Sehingga kebutuhan pembelajaran dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu peningkatan kualitas pendidikan di Gunungkidul dapat berjalan dengan baik pula.

“Pemerintah berkomitmen penuh untuk peningkatan kualitas pendidikan termasuk dalam hal fasilitas,” ucap Nunuk Setyowati.

Beasiswa yang diberikan ini berbeda dengan Program Indonesia Pintar (PIP) yang digagas oleh pemerintah pusat. Sebab program Gunungkidul Cerdas ini bersumber dari dana pemerintah kabupaten sendiri. Ada 800 pelajar yang mendapatkan bantuan tersebut yang tersebar di 18 kapanewon.

Menurutnya, tidak sembarang siswa mendapatkan beasiswa ini. Ada proses seleksi yang dilakukan oleh pihak sekolah dan Dinas Pendidikan. Bantuan dikhususkan kepada siswa kurang mampu, masuk dalam daftar Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan bukan karena prestasi.

Berita Lainnya  Persaingan Semakin Ketat, Pelaku UMKM Dituntut Inovatif

Nunuk berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam sekolah, sehingga tidak ada kejadian putus sekolah. Pemerintah dalam hal penyaluran dan pemanfaatan bekerjasama dengan sekolah untuk melakukan monitoring secara berkala.

“Dengan stimulan seperti ini dapat membangkitkan semangat,” sambung Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

Bupati juga berpesan untuk para siswa harus punya cita-cita setinggi langit kalau tidak akan tertindas dengan perkembangan jaman di era globalisasi ini.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler