fbpx
Connect with us

Pariwisata

Bertepatan dengan Libur Imlek, Jumat Besok Obyek Wisata Gunungkidul Tetap Buka

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Menyambut libur imlek pada Jumat (12/02/2021) destinasi wisata di Kabupaten tetap buka. Untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran protokol kesehatan di obyek wisata sejumlah petugas dari Dinas Pariwisata dan OPD lainnya disiagakan untuk melakukan pengawasan dan pemantauan.

Sebagaimana diketahui, setiap hari Jumat obyek wisata di Gunungkidul ditutup sementara waktu. Penutupan dilakukan untuk kegiatan bersih-bersih dan upaya sterilisasi guna mencegah penyebaran virus corona. Akan tetap ada pengecualian jika ada hari besar, obyek wisata tetap dibuka untuk umum.

Sekretaris Dinas Parisiwata, Harry Sukmono mengatakan, guna menyambut libur ini, dinas sudah melakukan koordinasi lintas sektoral, baik di internal Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemkab, juga dengan aparat keamanan maupun pelaku wisata.

“Ya ada pengecualian karena Jumat besok adalah Hari Libur Nasional (Imlek), jadi destinasi wisata tetap dibuka,” ucap Harry Sukmono.

Untuk pengamanan dan pengawasan terhadap protokol kesehatan di area wisata akan ada penambahan personel. Diantaranya, 25 personel dari pegawai di lingkup dinas pariwisata, sedangkan sisanya 27 berasal dari luar seperti dari TNI dan Polri.

Menurutnya, saat libur seperti itu ada potensi lonjakan pengunjung di obyek wisata. Sehingga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan personil yang jaga kemudian ditambah.

“Langkah kami di tengah kondisi sekarang adalah memperketat pengawasan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Disinggung mengenai rapid tes acak untuk wisatawan, Hary mengaku masih menunggu instruksi dari Pemerintah DIY. Jika memang ada instruksi tersebut maka pemerintah juga siap melaksanakan kebijakan tersebut.

Namun sejauh ini belum ada instruksi tersebut. Gunungkidul sendiri, belum lama juga mencabut syarat menunjukkan hasil rapid antigen bagi wisatawan Luar DIY. Perlahan dengan dicabutnya kebijakan itu, pengunjung di destinasi wisata mulai ada peningkatan.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan, untuk uji coba pembukaan destinasi sudah membuat kebijakan memperpanjang masa uji coba yang ke sembilan kalinnya.

Dalam aturan yang dipedomani oleh pemkab Gunungkidul, ada pembatasan jumlah pengunjung dari kapasitas normal. Ia mencontohkan, di kawasan Pantai Baron dibatasi jumlah kunjungan sebanyak 7.000 orang per harinya.Hal yang sama juga berlaku untuk destinasi lainnya di Gunungkidul.

“Kapasitasnya berbeda-beda, ada hitungannya sendiri. Kebijakan itu sudah diterapkan sejak awal masa Uji Coba Destinasi Wisata,” papar Asti.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler