fbpx
Connect with us

Pariwisata

Uji Coba Pembukaan Kembali Obyek Wisata Goa Pindul, Pengunjung Dibatasi Maksimal 50 Persen

Diterbitkan

pada tanggal

Karangmojo,(pidjar.com)–Pemerintah Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo saat ini tengah melakukan persiapan pembukaan wisata Goa Pindul sesuai protokol kesehatan. Tahapan persiapan ini dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang telah disiapkan Dinas Pariwisata Gunungkidul.

Lurah Bejiharjo, Yanto mengatakan, Minggu (28/06/2020) pihaknya melakukan uji coba bagi para wisatawan dengan pembatasan jumlah pengunjung. Pengunjung yang berwisata pun wajib mengenakan masker dan memathui aturan protokol kesehatan.

“Sesuai aturan Dispar, kunjungan dibatasi sampai 50 persen dari kapasitas normal yang biasanya mencapai 1.500 orang sehari,” ujar Yanti.

Sebelum memulai uji coba, Yanto mengatakan pihaknya telah melakukan tahap simulasi. Tahapan tersebut dilakukan pada Kamis (25/06/2020) lalu, melibatkan anggota Pokdarwis hingga warga sekitar.

Berita Lainnya  Belasan Ribu Wisatawan Masuk Gunungkidul Hari Ini, Nglanggeran dan Kawasan Pantai Jadi Pilihan

“Tim dari Dispar Gunungkidul pun turut dihadirkan untuk melakukan penilaian sekaligus membantu evaluasi dari simulasi ini,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono meminta kepada pengelola agar mengajukan surat rekomendasi kepada Tim Gugus Tugas Penanganan covid19 Gunungkidul untuk tahap uji coba. Harry mengatakan surat rekomendasi diperlukan untuk memastikan agar proses uji coba berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Uji coba juga wajib memenuhi protokol kesehatan dan SOP yang disusun Dispar Gunungkidul,” kata Harry.

Dispar Gunungkidul sebelumnya sudah melaksanakan simulasi dan uji coba di Goa Kalisuci yang menjadi percontohan. Nantinya obyek wisata sejenis bisa mengikuti alur prosedur yang sudah dilakukan di Kalisuci.

Berita Lainnya  Turunan Watu Payung, Suguhkan Pesona Mentari Terbit

“Kami ingatkan jangan gegabah karena ini demi keamanan. Jangan sampai saat pembukaan uji coba malah jadi lokasi penyebaran covid19 baru,” ujar Harry.

Terpisah, Direktur BUMDes Maju Mandiri Bejiharjo, Saryanto mengatakan pihaknya sudah membuat surat tembusan yang menyampaikan rencana pembukaan uji coba.

Saryanto menyebut surat tersebut sudah diteruskan kepada pihak Pemkab Gunungkidul hingga kepolisian terkait, dalam hal ini Polres Gunungkidul serta Polsek Karangmojo.

“Tentunya kami berharap uji coba berlangsung lancar, apalagi sudah ada agen jasa wisata yang menanyakan kapan dibuka,” pungkasnya.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler